Selasa, 09 September 2014

Nasi Biryani Dan Epos Sastra Mahabharata

Mengikuti dari hari ke hari tontonan menarik yang berkisah perjuangan lima Pandawa dalam mengembalikan kehormatan dan harga dirinya dalam peperangannya melawan Kurawa, serial tayangan Mahabharata yang ada di ANTV, pada suatu episode yang menceritakan ketika Pandawa bermaksud menyantap makan siangnya di sebuah gubuk yang menjadi tempat pengasingannya, kelezatan nasi Biryani India yang ternyata disebutkan pada kitab religius Mahabharata.

Tak jauh berbeda dengan epos sastra Mahabharata di masa kini yang sukses dikemas berupa tayangan serial televisi menarik dan menyihir berjuta pemirsa televisi di Indonesia untuk terus menontonnya, begitu juga dengan resep masakan tradisional nasi Biryani India yang kini menjadi hidangan kuliner dunia dengan banyak variasi resep yang bisa dibuat, tidak hanya dengan sayuran, nasi Biryani dengan variasi daging domba ataupun nasi Biryani dengan variasi daging kambing didalamnya, Lamb Biryani Recipe.

Biryani, biriyani ataupun briani demikian banyak orang menyebutnya, salah satu resep masakan tradisional di India yang kini menjadi favorit makanan dunia sebagaimana serial tayangan televisi Mahabharata di ANTV tentunya! Walaupun perdebatan yang masih terjadi di kalangan pecinta kuliner apakah nasi Biryani tergolong menyehatkan dengan tingginya kandungan lemak di dalamnya?

Artikel pada Delicious Magazine pun meluruskannya, resep asli masakan nasi Biryani yang sudah ada sejak abad ke-16 sebelum masehi justru kaya akan kandungan rempah di dalamnya, termasuk teknik memasak nasi biryani dengan menggunakan gerabah tanah liat yang dibakar menjadikan bumbu rempah yang lebih dapat meresap pada nasi Biryani, hidangan masakan nasi Biryani dalam gerabah tanah liat yang menjadi hidangan istimewa bagi setiap tamu kerajaan di masa itu! Beberapa jenis rempah sehat yang terkandung pada resep klasik nasi Biryani diantaranya, lada hitam, kapulaga, kayu manis, cengkeh, ketumbar, jintan, kunyit dan Saffron yang dikenal sebagai rempah termahal di dunia!

 
Rahasia resep klasik nasi Biryani yang dimasak dalam gerabah tanah liat, sebagaimana posting blog terdahulu pada Cara Memasak Daging Dengan Gerabah. Tanah liat yang ternyata tidak sebatas bahan untuk membuat alat masak gerabah, ekstrak tanah liat yang terbukti bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit wanita sebagaimana berita yang didapat dari Utama Spice Face and Body Clay 150 Gram, masker dari Utama Spice berbahan ekstrak tanah liat yang memiliki kemampuan unik sebagai detoksifikasi pada kulit dan menghilangkan racun akibat kotoran yang menempel pada kulit, merevitalisasi kulit sehingga kulit tetap sehat dan segar. Sifatnya yang mudah menyerap membuat masker ini sangat cocok bagi pembaca yang memiliki tekstur kulit berminyak. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar