Minggu, 10 Agustus 2014

Memasak Daging Dengan Gerabah

Salam kuliner nusantara! Bagi pembaca yang pernah berwisata kuliner ke kota Cirebon, sudahkah pernah mencicipi kelezatan masakan empal gentong khas Cirebon? Coba amati bagaimana cara memasak daging sapi dan jeroannya? Gerabah berbentuk gentong adalah alat yang digunakan untuk memasak daging sapi pada hidangan empal gentong nan lezat. Adakah rahasia gerabah pada nikmatnya hidangan empal gentong?

Gerabah, jenis alat masak yang terbuat dari tanah liat, namun kegunaan tanah liat saat ini yang mungkin sebatas dikenal untuk bahan genteng, patung dan batubata, padahal banyak manfaat tersimpan dari penggunaan tanah liat. Tak ubahnya seperti panci aluminium terbuat dari logam sebagai cerita panci presto pada blog, tanah liat sebenarnya merupakan konduktor atau penghantar panas yang baik, namun dikarenakan kecanggihan teknologi di era modernisasi saat ini, fungsi tanah liat untuk mematangkan makanan mulai ditinggalkan. Panci aluminium dianggap lebih cepat membantu untuk menghidangkan masakan. 

 

Keunggulan memasak daging dengan gerabah yang terbuat dari tanah liat, tanah liat yang memiliki daya tahan panas lebih kuat dibandingkan logam, tanah liat yang bisa dibakar terus menerus hingga mencapai suhu 1200 derajat celcius. Sebagaimana cara memasak resep empal gentong khas Cirebon, nyala api yang membakar gentong gerabah isi empal agar membuatnya tetap hangat adalah tidak sama sekali menyebabkannya rusak. 

Berkunjung ke kota Solo, selain cicipi tengkleng kambing asli solo maka wajib cicipi juga kiranya soto gerabah sebagai soto khas kota Solo, soto gerabah berbahan daging ayam namun unik dalam kelezatan dari racikan bumbu rempah dan rahasia gerabahnya. Itulah gerabah, tak rusak walau dibakar, tetap memberikan kelezatan dalam kobaran api yang menyala. 

Bersumber dari The Kitchn, pada artikel yang ditulis oleh Emma Christensen, memasak dengan gerabah ataupun benda lainnya yang terbuat dari tanah liat memiliki beberapa keuntungan, pertama adalah gerabah yang terbuat dari tanah liat memiliki pori-pori yang lebih besar dibandingkan panci aluminium, waktu untuk mematangkan masakan memang jauh lebih lambat namun resapan bumbu berlangsung secara alami. Kemudian kedua ialah sifat tanah liat yang basa akan berinteraksi dengan keasaman dalam makanan sehingga terjadi keseimbangan pH, sebagaimana penjelasan Felipe Ortega seorang pembuat gerabah dari tanah liat kepada KCRW's Good Food.

http://tokoone.com/jual-alat-pemanggang-murah/?affid=4508

Gambar di atas adalah contoh alat pemanggang sate yang terbuat dari tanah liat, Fun Health, Alat Pemanggang Sate Tradisional, alat pemanggang sate tradisional yang dibuat dari bahan tanah liat, kemampuan menyerap lemak dan minyak yang lebih cepat dengan desain yang indah. Alat pemanggang sate dengan bingkai yang terbuat dari stainless steel tanpa sambungan dan dilengkapi pegangan terbuat dari kayu sehingga tidak panas. Mudah dan praktis dipakai, ini dikarenakan alat pemanggang tidak menggunakan arang tetapi menggunakan kompor minyak tanah atau kompor gas. Alat pemanggang sate tinggal diletakkan di atas kompor, tunggu beberapa saat dan sate kambing domba pun siap dibakar. 

Bersumber dari Seputar Purworejo, di tengah arus modernisasi yang sangat kuat, usaha pembuatan kerajinan gerabah di Desa Wonoroto Kecamatan Purworejo semakin lesu. Orang – orang yang semula menjadi konsumen gerabah Wonoroto kini mulai beralih ke produk masak lebih modern.   Para pengrajin yang beberapa tahun lalu masih berjumlah sekitar 3 hingga 5 orang, kini hanya tinggal tersisa satu. Mujinah (85 tahun), perempuan tua yang masih tetap setia menggeluti usahanya membuat kerajinan dari tanah liat atau gerabah. Mujinah yang menetap di Dusun Krajan, Desa Wonoroto Kecamatan Purworejo telah menggeluti usaha pembuatan gerabah sejak 34 tahun yang lalu. 

Tidak hanya untuk mematangkan daging, fungsi gerabah lainnya terkait hidangan kuliner yang didapat dari Bisnis.com, rahasia resep jawara kuliner daging kambing asal kota kembang Bandung, Iga Kambing Bakar Si Jangkung, pak Jangkung membuka rahasia resep iga kambing bakar miliknya di acara 'Bango Memasak Bersama' yaitu menggunakan gerabah tembikar yang telah dipanasi minyak samin sebelumnya ketika hendak meracik bumbu. Penggunaan gerabah tembikar memberikan aroma alami yang unik untuk menambah citarasa masakan. Pengetahuan tentang minyak Samin pada posting blog sebelumnya, 

Ada gerabah tanah liat yang dibuat dengan motif batik? Kerajinan gerabah batik yang dari hasil penelusuran telah menembus pasar ekspor dunia! Bukan untuk memasak tentunya gerabah batik dibuat, gerabah batik yang dibuat sebagai bagian desain interior untuk mempercantik keindahan suatu ruangan, bisa itu restoran, hotel ataupun hunian tempat tinggal, motif batik pada gerabah yang bisa dibuat dengan cara dilukis, dicat ataupun dibalut dengan kain batik. Tidak hanya gerabah, termasuk pot bunga dari tanah liat berbalut kain batik sebagaimana contoh gambar di atas yang informasinya dapat dilihat pada Pot Bunga Berbalut Kain Batik. Bagaimana, siap berwisata kuliner ke kota Cirebon? Silahkan simak posting blog terdahulu tentang Lezatnya Empal Gentong Khas Cirebon dan Keindahan Batik Trusmi, hingga Kenikmatan Kue Kamir di Kedai Bagdad

Tidak ada komentar:

Posting Komentar