Kamis, 06 Desember 2012

Cerita Panci Presto

Panci presto, bagi yang hobi memasak ataupun pecinta kuliner daging domba tentunya sudah tidak asing lagi dengan jenis panci ini. Pressure Cooker atau panci bertekanan, demikian penamaan dalam bahasa Inggris dan istilah lain untuk panci presto. Lalu apa sebenarnya panci presto itu? Kemudian bagaimana sejarah panci presto itu bermula dan dibuat pada awalnya, di mana saat sekarang panci presto sudah menjadi bagian peralatan memasak khususnya pada menu hidangan yang berkaitan dengan daging maupun ikan? Menarik untuk diketahui tentunya.     

Bersumber dari Wikipedia, sejarah pembuatan panci presto diyakini berawal dari penemuan seorang fisikawan Prancis yang bernama Denis Papin pada tahun 1679 terkait digester uap, yang mana kemudian hasil penemuannya ini berkembang dengan adanya penemuan lain yaitu berupa sebuah alat memasak kedap udara semacam panci yang menggunakan teknologi tekanan uap untuk dapat membantu menjadikan waktu memasak akan lebih cepat.

Presurre cooker atau panci bertekanan untuk skala komersial itu sendiri dibuat pertamakalinya oleh Georg Gutbrod Stuttgart sekitar tahun 1864, hingga pada akhirnya teknologi panci ini dipatenkan oleh Spanyol pada tahun 1919 melalui panci presto yang lebih disempurnakan lagi oleh Jose Martínez Alix. Martínez memberikan nama untuk panci presto buatannya dengan sebuatan “Expres olla”.

 

Mengapa panci presto dibuat dan apa manfaatnya untuk kegiatan memasak? Bersumber dari web Missvickie, panci presto dibuat sebagai bagian peralatan dapur yang akan memudahkan kegiatan memasak menjadi lebih cepat dengan tetap memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang tinggi serta higienis tentunya. Di mana selama ini makanan yang dibuat secara cepat dalam proses memasak adalah lebih identik dengan makanan siap saji atau junk food yang cenderung kurang baik untuk kesehatan manusia. 

Keuntungan memasak dengan panci presto selain waktu yang lebih cepat namun tetap mempertahankan kandungan gizi dan nutrisi yang terkandung pada bahan makanan yang dimasak, penggunaan panci presto untuk memasak menjadikan makanan yang dihasilkan akan bebas lemak dikarenakan tekanan uap yang terjadi selama dalam proses pematangan makanan. Penggunaan panci presto menghemat energi dan ramah terhadap lingkungan, tidak lain ini dikarenakan memasak dengan panci presto meniadakan penggunaan kayu bakar ataupun arang. 

Kunjungi Galeri Panci Presto,  panci memasak untuk menghasilkan makanan dengan bebas lemak dengan tekanan uap. Maxim Presto salah satunya sebagaimana contoh gambar di atas. Maxim Presto terbuat dari bahan teflon yang berkualitas, cocok untuk kebutuhan rumah tangga atau restoran. Pada Maxim Presto terdapat sistem pengunci dan katup yang menjamin keamanan dalam penggunaan. Maxim Presto juga dilengkapi dengan anti gores, anti karat, dan yang paling penting adalah presto ini mudah dibersihkan, jadi tidak perlu khawatir bila wajan akan berkarat karena sering dicuci. Kenali alat memasak daging domba kambing lainnya pada Resep Memasak Daging Domba Panggang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar