Senin, 03 Desember 2012

Makan Daging Kambing Lalap Kemangi


Aneka resep daging kambing domba yang pastinya selalu menyertakan daun kemangi di dalamnya, entah sebagai lalapan ataupun bagian daripada resep masakan. Selidik punya selidik, tidak hanya saja di Indonesia sebenarnya, penggunaan daun kemangi pada aneka resep daging kambing domba adalah juga mendunia, basil leaves demikian orang luar negeri biasa menyebutnya. Sebut saja misalkan resep Leg of Lamb with Basil atau daging domba bakar dengan daun kemangi, penggunaan daun kemangi yang akan selalu identik dan ada pada setiap olahan resep masakan daging merah khususnya.

Salah satu manfaat daun kemangi adalah dikenal salah satunya memang sebagai lalapan bumbu aromatik pada masakan, lebih jauh daripada itu, daun kemangi juga memiliki sarat manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Bersumber daripada web livestrong.com terkait hasil penelitian yang dimuat pada jurnal penelitian Pharmaceutical Biology pada bulan April tahun 2011, percobaan dilakukan terhadap tikus yang terkena virus kanker di mana tikus tersebut diberikan lalapan daun kemangi guna mengetahui manfaat kandungan antioksidan yang ada pada daun kemangi, hasilnya adalah tikus yang diberikan lalapan daun kemangi memiliki daya tahan hidup yang lebih lama dibandingkan tikus yang tidak diberikan lalapan daun kemangi

Penelitian lain terkait rekomendasi daun kemangi sebagai lalapan sehat adalah dilakukan oleh dua orang ilmuwan bernama John H. Loughrin dan Michael J. Kasperbauer pada tahun 2003 yang dimuat dalam jurnal Agricultural and Food Chemistry, penelitian yang tidak jauh berbeda yaitu guna mengetahui sifat antioksidan pada daun kemangi. Pada daun kemangi terkandung senyawa volatil yang mana senyawa ini selain memberikan kontribusi aroma wangi pada daun kemangi, kandungan senyawa ini pada daun kemangi memiliki sifat antioksidan kuat yang dapat meningkatkan kesehatan tubuh manusia.     

Barangkali ini lebih seru terkait manfaat daun kemangi bagi kaum pria dengan efek sinergi daging domba yang joss pastinya! Sebagai jenis tanaman herbal, pada daun kemangi terkandung senyawa 1-8 sineol yang dapat mengatasi ejakulasi dini pada kaum pria. Selain kandungan lainnya pada daun kemangi seperti apigenin, fenkhona dan eugenol serta zat ariginin yang bermanfaat untuk kesuburan dan fungsi reproduksi yang dimiliki oleh kaum pria. Makan daging domba bakar ditemani lalap daun kemangi? Pasti joss jadinya! Demikian juga dengan manfaat daun kemangi bagi kesuburan dan organ reproduksi wanita. Makan daging kambing dan lalap Kemangi, sarat manfaat sehat pastinya!    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar