Kamis, 29 November 2012

Ketumbar, Rempah Daging Sehat


Selalu ada sebagai bumbu penyedap pada setiap olahan resep masakan jenis daging merah, itulah Ketumbar. Bisa digunakan sebagai pengawet daging alami dikarenakan kandungan antiseptik ketumbar yang dapat membunuh bakteri berbahaya pada daging, itulah Ketumbar, walaupun untuk manfaat yang satu ini adalah tidak hanya saja pada Ketumbar, hampir di mana sebagian besar rempah herbal dapat bermanfaat sebagai pengawet daging alami, sebut saja mulai dari bunga cengkeh, pala, merica, cabai, laos dan kunyit.

Ketumbar, Rempah Daging Sehat, penggunaan ketumbar sebagai bahan pada resep masakan baik dalam bentuk biji ketumbar ataupun ketumbar bubuk adalah sangat dianjurkan. Tidak hanya sekedar meningkatkan aroma pada masakan, beragam penelitian terhadap biji ketumbar banyak dilakukan guna mengetahui manfaatnya bagi kesehatan tubuh manusia.

Sebagaimana bersumber daripada web healthiertalk.com, penelitian berupa pemberian ekstrak ketumbar pada beberapa ekor tikus yang mengalami obesitas, ekstrak ketumbar yang diberikan pada tikus yang mengalami obesitas adalah dapat menurunkan kadar gula dalam darah dan kadar kolestrol pada tikus-tikus tersebut.

Resep sederhana menjadikan Ketumbar sebagai obat darah tinggi, segenggam biji ketumbar dicuci terlebih dahulu dengan air bersih. Rebus biji ketumbar dengan tiga gelas air putih hingga mendidih dan hanya menyisakan sekitar satu gelas air putih sebagai air rebusan. Saring air rebusan biji ketumbar dan diamkan sesaat hingga hangat. Rebusan biji ketumbar yang diminum secara rutin tiap satu minggu sekali selama tiga minggu maka akan bermanfaat untuk mengobati tekanan darah tinggi.  

Bersumber daripada web mediaindonesia.com, efek antiinflamasi atau anti peradangan yang dimiliki oleh biji ketumbar, penelitian yang dilakukan oleh All India Institute of Medical Sciences di New Delhi juga terhadap beberapa ekor tikus yang mengalami pembengkakan dan peradangan pada kaki atau pada kondisi yang sama dengan penderita rheumatoid arthritis (RA). Beberapa tikus kemudian diberi obat steroid standar sebagai pengobatan, sedangkan tikus yang lain hanya diberi ekstrak biji ketumbar. Hasilnya tampak setelah 21 hari penelitian, kedua kelompok menunjukkan perbaikan radang sendi, tetapi tikus yang mendapat ekstrak ketumbar mengalami pengecilan pembengkakan dan peradangan lebih signifikan jika dibandingkan dengan tikus yang hanya diberikan steroid. Studi ini telah dipublikasikan secara online dalam Indian Journal of Medical Research. Ketumbar, Rempah Daging Sehat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar