Senin, 07 Januari 2013

Membuat Abon dari Daging Domba?


Siapa yang tidak mengenal abon? Jenis makanan rumahan terbuat dari serat daging hewan yang biasa dijadikan sebagai penambah cita rasa pada masakan lainnya, mulai dari nasi sebagai makanan pokok, hangatnya bubur ayam, gurihnya mie pangsit ataupun aneka cemilan kue basah seperti lemper yang mengundang selera. Di Indonesia, abon yang terbuat dari daging sapi adalah lebih banyak dikenal, walaupun sebenarnya abon dapat dibuat dari jenis daging lainnya seperti kambing, domba dan bahkan termasuk ikan

Tidak hanya sekedar daging sebagai bahan utama, cita rasa abon juga ditentukan bumbu rempah yang digunakan. Hasil penelurusan yang dilakukan, beberapa jenis rempah yang umumnya digunakan sebagai penentu cita rasa abon selain daging hewan ruminansia seperti sapi, kambing dan domba ataupun daging ikan ialah ketumbar, kemiri, merica putih, bawang merah, bawang putih dengan tambahan yaitu garam, gula merah dan santan kelapa.

Proses pembuatan abon dimulai dengan membuang lemak dan jaringan ikat yang ada pada permukaan daging, daging pun kemudian dipotong kecil-kecil atau dikenal dengan istilah daging suwir. Setelah proses ini di mana daging selanjutnya direbus hingga empuk yang mana kemudian daging ditumbuk untuk lebih memisahkan seratnya sebagaimana resep membuat abon yang bersumber daripada situs warintek.ristek.go.id. Tidak kalah pentingnya pula tentu penyiapan bumbu marinasi abon sebagaimana uraian di atas.  

Membuat abon dari daging domba? Peluang usaha yang menjanjikan di mana bisa dimulai pada skala ujicoba resep rumahan terlebih dahulu sebaiknya. Sebagaimana langkah awal yang pertamakali dilakukan oleh seorang pelaku usaha kecil di Majenang, Cilacap, provinsi Jawa Tengah manakala merintis usaha abon yang berbahan baku daging ikan lele. Berita yang bersumber daripada situs bisniskeuangan.kompas.com, menceritakan kisah sukses ibu Murti Rahayu dengan memanfaatkan daging lele sebagai bahan abon hingga pada akhirnya sekarang usaha abon lele yang dirintisnya telah menjadi ladang bisnis yang menggiurkan!

Pernahkah pembaca mendengar sebuah merek dagang berkaitan dengan abon lele yang bernama abon leker? Bersumber daripada situs m.tribunnews.com, adalah bapak Engkun yang mempelopori pembuatan abon lele kremes yang kemudian disingkat abon leker bersama para ibu-ibu di Kampung Ciaul RT 01/RW 20, Desa Cisondari, Kecamatan Pasir Jambu, Kabupaten Bandung. Abon lele leker yang dibuat tanpa bahan pengawet ini adalah sangat nikmat manakala dijadikan sebagai pelengkap nasi, mi, soto, bakso, dan bubur. Jadi bilamana abon bisa dibuat dari ikan lele maka mengapa tidak ada abon dari daging kambing ataupun abon dari daging domba? Terlebih dengan mahalnya daging sapi saat sekarang ini. Semoga bermanfaat! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar