Rabu, 09 Januari 2013

Cari Resep Iga Kambing Sambal Kopi?


Berawal dari rasa ingin tahu dan menggali lebih banyak informasi seputar integrasi usaha ternak kambing domba dan perkebunan kopi, terhantar pada berita tentang kopi Kona dengan ternak domba St. Croix yang ada di wilayah kepulauan Hawaii sebagai salah satu tempat wisata dunia hingga pada akhirnya didapat pengetahuan resep masak baru terkait daging kambing dan biji kopi yaitu kelezatan masakan Iga Kambing Sambal Kopi yang bersumber daripada situs femina.co.id


Hampir semua pembaca pastinya mengenal biji kopi ataupun minuman kopi yang didapat dari buah kopi yang sudah dikeringkan dengan teknik tertentu ataupun bantuan fermentasi hewan sebagaimana layaknya kopi luwak asli Indonesia. Namun ada sambal yang dibuat dari bahan biji kopi dan disajikan dengan resep masakan iga kambing? Pengetahuan resep masakan yang menarik untuk diketahui lebih jauh tentunya!

Adapun pemanfaatan biji kopi sebagai minuman sendiri sudah dikenal sejak tahun 800 SM dengan tidak terlepas peranan ternak kambing, alkisah ada seorang penggembala kambing bernama Kaldi yang terheran-heran manakala melihat ternak kambing yang sedang digembalakannya menjadi bersemangat selepas memakan buah pada pohon yang pada akhirnya diberi nama kopi. Penamaan kopi itu sendiri adalah berasal dari bahasa Arab yaitu qahwah yang berarti kekuatan di mana kopi merupakan jenis makanan sunnah nabi.

Resep Iga Kambing Sambal Kopi sebagaimana yang didapat daripada situs femina.co.id, berawal dari biji kopi yang disangrai terlebih dahulu sebelumnya atau dikenal dengan istilah coffee roasting untuk kemudian dicampur dengan aneka bumbu rempah lainnya pada suatu wajan dengan api sedang sehingga dapat menghasilkan aroma sambal kopi yang harum dan menggairahkan tentunya! Adanya penggunaan bawang Bombay pada resep sambal kopi bisa jadi sambal kopi berasal dari India dahulunya, disamping penggunaan bumbu dapur lainnya pada resep sambal kopi seperti cabai, bawang putih dan bawang merah.

Belajar dari beberapa pakar kopi, berbicara aroma kopi salah satunya ditentukan varietas kopi dan teknik roasting yang digunakan. Dan tidak hanya untuk bahan sambal kopi, manfaat biji kopi lainnya yang telah disangrai atau roasting dalam kehidupan keseharian manusia adalah mulai dari resep dapur, kesehatan dan juga kecantikan, biji kopi sebagai bahan scrub untuk kecantikan kulit pada wajah salah satunya, semoga dapat memberikan manfaat! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar