Jumat, 26 Oktober 2012

Tips Kuliner Mengolah Hati Domba



Bersumber daripada web eHow.com, hati kambing domba memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa untuk tubuh manusia. Pada setiap berat 4 oz hati kambing domba, terkandung 23 gram Protein yang bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan zat besi pada tubuh manusia sebanyak 46% dari kebutuhan normal. Tidak hanya itu, kemudian pada setiap berat 4 oz hati kambing domba, terkandung pula sebanyak 6 gram Lemak Baik yang bermanfaat untuk memenuhi 10% dari kebutuhan normal pada tubuh manusia. Namun satu hal yang patut diperhatikan pada bagian hati kambing domba ini adalah, kandungan kolestrol yang cukup tinggi sekitar 419 miligram di atas batasan normal kebutuhan kolestrol manusia sekitar 140 miligram.   

Masih terdapat kekeliruan dalam pemahaman mengenai Kolestrol yang selama ini dianggap sebagai sesuatu yang negatif apabila dihubungkan dengan jenis makanan dan kesehatan tubuh manusia, padahal setiap tubuh manusia pada dasarnya membutuhkan Kolestrol yang mana Kolestrol ini adalah berfungsi sebagai Pembangun Energi, tanpa adanya Kolestrol di mana akan sulit manusia menggerakkan anggota tubuhnya, sebagaimana informasi yang diperoleh daripada web http://solusisupersehat.wordpress.com. Kemudian disamping itu di mana Daging Kambing termasuk Domba Muda sebagaimana yang Kita ketahui adalah termasuk jenis makanan yang rendah lemak dan rendah kolestrol, terkecuali memang untuk bagian Jeroan di mana dibutuhkan cara bijaksana dalam mengolah dan mengkonsumsinya, adalah sayang bilamana Jeroan harus dibuang dan tidak termanfaatkan, padahal bagian Jeroan seperti berupa hati kambing domba adalah kaya akan kandungan vitamin A.

Bersumber daripada web http://food.detik.com tentang tips mengolah jeroan, kunci dalam pengolahan jeroan agar dapat menjadi bahan baku hidangan yang sedap adalah terletak pada tingkat keempukan jeroan dan juga aroma jeroan yang jangan sampai menyengat. Teknik pengolahan jeroan yang salah akan berakibat pada rasa jeroan yang liat, tidak mudah digigit terlebih lagi dikunyah dan mengeluarkan aroma yang tajam serta kurang sedap. Odilia Winneke menuliskan pada food.detik.com, tahapan pengolahan jeroan yang pertama adalah jeroan dicuci bersih terlebih dahulu pada air mengalir hingga tidak ada lagi tetesan darah dan kotoran yang melekat larut pada jeroan. Tahapan berikutnya ialah didihkan air dalam jumlah cukup banyak pada panci, kemudian bisa ditambahan dengan jahe, daun salam, serai ataupun daun jeruk dan garam, masukkan jeroan ke dalam air mendidih tersebut kemudian kecilkan api dan rebus sampai jeroan benar-benar empuk. Tiriskan jeroan selepas itu, potong-potong kemudian bumbui Jeroan dengan Bumbu Rempah sesuai selera. Semoga Bermanfaat.   

Relevant Link,

Nutrition of Lamb Liver

Sajian Jeroan yang Sedap
http://food.detik.com/read/2006/01/12/101431/517053/291/sajian-jeroan-yang-sedap

Tidak ada komentar:

Posting Komentar