Minggu, 13 Januari 2013

Manfaat Sehat Keju dari Susu Kambing



Bilamana ada diantara pembaca yang merupakan pecinta makanan keju, sudahkan pembaca mencoba keju yang terbuat dari susu kambing? Dan dari sejarahnya dulu di mana keju tidak lain adalah terbuat dari susu kambing, dimana keju yang banyak dijual sekarang ini kebanyakan ialah terbuat dari susu sapi. Lalu seperti apa keju yang terbuat dari susu kambing? Kemudian apa manfaatnya untuk kesehatan manusia sebagaimana layaknya susu kambing itu sendiri yang dapat membantu penyembuhan ragam penyakit? Menarik untuk diketahui tentunya.

Keju, mengkonsumsi keju itu sama artinya saja dengan Kita mengkonsumsi susu sebagai bahan pembuatan keju tersebut. Ini sesuai dengan penamaan keju itu sendiri yang berasal dari bahasa Portugis yaitu queijo, dalam bahasa sederhana mengandung arti makanan yang dibuat dengan cara pemisahan zat-zat padat pada susu melalui proses pengentalan atau koagulasi, jadi penamaan dan penentuan jenis keju tentunya harus berdasar bahan susu yang digunakan, bisa itu susu kambing, susu domba ataupun susu sapi sebagaimana keju yang beredar kebanyakan di Indonesia.

Kemudian walaupun penamaan keju dari bahasa Portugis, sejarah keju itu sendiri sebagaimana yang Kita ketahui ialah dari Timur Tengah di mana makanan keju didapat secara tidak sengaja manakala susu kambing pada wadah yang diletakkan pada punggung onta mengalami guncangan. Manfaat apa ya kiranya yang bisa Kita dapat dengan mengkonsumsi keju yang terbuat dari susu kambing? Terlebih kandungan gizi dan nutrisi susu kambing dari banyak penelitian adalah jauh lebih baik dibandingkan susu hewan ternak lainnya khususnya untuk kesehatan manusia.

Goat Cheese Health Facts! Berita yang bersumber daripada website bellechevre.com, ketika Kita berbicara lemak dan kalori yang terkandung pada keju sebagai makanan, kandungan lemak dan kalori yang terkandung pada keju dibuat dari susu kambing jauh lebih baik dibandingkan susu hewan ternak lainnya. Keju yang terbuat dari susu kambing mengandung 80 kalori dan hanya 6 gram lemak per 100 gram nya dibandingkan susu hewan lainnya seperti susu sapi diantaranya, pada suatu anjuran bilamana pembaca berkeinginan mengkonsumsi keju sehat maka pilihlah keju yang dibuat dari bahan susu kambing.

Keju susu kambing direkomendasikan sebagai bagian menu diet sehat! Tidak lain ini dikarenakan keju susu kambing yang dapat membantu pembakaran lemak pada tubuh setelah mengkonsumsinya. Keju susu kambing yang telah banyak diproduksi sebagai industri rumahan sejak berabad-abad yang lalu adalah juga telah menarik banyak perhatian peneliti untuk mengetahui manfaatnya bagi kesehatan manusia sebagaimana manfaat yang sudah diketahui dari susu kambing itu sendiri, seorang ahli epidemiologi bernama Serge Renaud pada situs redwoodhill.com menyatakan, keju susu kambing sangat cocok bilamana dijadikan sebagai bahan makanan pada program diet sehat khususnya menu diet sehat bagi penderita jantung, healthy diet for heart diseases with goat cheese!

Sebuah buku yang direkomendasikan bagi pembaca yang berkeinginan mengetahui lebih jauh tentang manfaat sehat keju yang terbuat dari susu kambing termasuk sarat informasi mengetahui bagaimana proses pembuatan susu kambing itu sendiri sebagai industri rumahan, buku yang dibuat oleh seorang ahli keju terkenal di dunia khususnya keju berbahan susu kambing, Jean-Claude Le Jaouen di mana ia pun merupakan seorang kepala bagian penelitian keju susu kambing pada Institut Teknik De L'Elevage Ovin Et Caprin yang berkantor pusat di Paris, buku dimaksud adalah berjudul The Fabrication of Farmstead Goat Cheese. Semoga bermanfaat!  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar