Sabtu, 12 Januari 2013

Mengenal Topi Wool Domba

Tahukah pembaca bilamana topi wool domba menjadi salah satu topi favorit dunia? Tidak hanya saja dikarenakan fungsi bulu domba yang memberikan kehangatan dan kenyamanan akan tetapi memang model topi wool domba sendiri yang dikenal modis, bergaya trendi dan tidak kalah gaul tentunya! Sheep wool hat demikian istilah dalam bahasa asingnya, di mana tiap negara di dunia memiliki keunikan model topi wool domba tersendiri yang berbeda-beda.

Afghanistan dan Pakistan misalnya, topi pakol atau yang disebut juga Pakul atau Khapol adalah topi ciri khas kedua negara tersebut yang tergolong topi wool domba atau topi yang terbuat dari bulu domba. Pakol hat ini terbuat dari bulu domba original yang ada di Afghanistan dan Pakistan yang mana termasuk industri handmade atau kerajinan tangan, 100% wool di mana tidak hanya saja mempergunakan bulu domba sebagai bahan baku, topi pakol pun mempergunakan bulu hewan unta. 

Terbuat Dari Bahan Wool Halus Yang Tidak Panas

Topi wool domba lainnya yang ada di dunia adalah topi karakul, jenis topi ini adalah topi yang biasa dipakai oleh presiden Afghanistan Hamid Karzai. Topi yang bentuknya menyerupai kopiah ini adalah juga dibuat dari bahan bulu domba. Di Pakistan, topi wool domba karakul disebut juga Jinnah Cap dikarenakan senantiasa dipakai oleh Muhammad Ali Jinnah yang dikenal sebagai the founder of Pakistan. Adapun alasan topi ini dinamakan topi karakul dikarenakan topi ini adalah menggunakan bulu domba jenis domba karakul atau karakul sheep yang ada di Pakistan dan India.
Selain kedua topi wool domba di atas yang tak lekang oleh waktu dan jaman, banyak diciptakan pula jenis dan model topi wool domba lainnya seiring dengan trend busana yang senantiasa berkembang, sehingga topi bulu domba pun selalu diminati tidak hanya oleh kaum pria akan tetapi juga wanita. Selain kehangatan yang dapat diberikan oleh topi berbahan bulu domba, topi wool domba pun dikenal memiliki kemampuan menahan air yang cukup baik. Bersumber dari Wikipedia, mengenal lebih dekat tentang topi, topi adalah jenis penutup kepala yang juga dapat dijadikan pelengkap aksesoris pakaian.   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar