Jumat, 11 Januari 2013

Tips Menu Hidangan Catering di Udara


Bepergian dengan pesawat adalah jenis transportasi yang banyak menjadi pilihan oleh seseorang manakala jarak perjalanan yang ditempuh cukup jauh biasanya, terlebih bilamana perjalanan tersebut harus sampai menyebrangi lautan. Promo tiket penerbangan murah yang ditawarkan oleh agen tiket penerbangan adalah yang juga biasa dicari oleh banyak orang sebelum hendak bepergian, dan tiap maskapai penerbangan pastinya pula memiliki tips dan kiat tersendiri agar penumpang di pesawat dapat terkesan sehingga akan kembali memilih untuk terbang bersama airlines terkait di penerbangan berikutnya mendatang.

Bagaimana dengan pembaca? Faktor apa yang kiranya menjadi pertimbangan dalam memilih jasa layanan maskapai penerbangan atau yang biasa disebut dengan airlines? Promo tiket pesawat murah yang mudah didapat secara online sekarang? Tipe pesawat yang dimiliki oleh airlines terkait? Atau ketepatan waktu dalam jadwal penerbangan? Dan berlaku bagi penumpang pesawat khususnya kelas bisnis, selain kenyamanan selama dalam penerbangan namun juga menu hidangan masakan yang disajikan selama dalam penerbangan, airline meal demikian istilahnya.    

Pengertian airline meal bersumber dari Wikipedia, atau yang biasa disebut juga In-flight meal, aneka jenis makanan yang dihidangkan bagi para penumpang selama dalam penerbangan komersial khususnya. Airline meal services pertamakali diperkenalkan dalam penerbangan komersial oleh maskapai penerbangan United Airlines pada tahun 1936 dengan tujuan sebagai bagian daripada pelayanan guna memberikan kenyamanan kepada para penumpangnya selama dalam penerbangan khususnya pada rute penerbangan jarak jauh pada saat sekarang. Ya, dengan tujuan penerbangan berbiaya rendah, banyak maskapai penerbangan atau airlines yang pada akhirnya memangkas komponen biaya airline meal ini pada rute jarak dekat biasanya.

Roti dan jenis makanan ringan lainnya adalah yang biasa disajikan sebagai airline meal untuk rute penerbangan jarak dekat, sedangkan menu hidangan lainnya dengan bahan masak seperti daging sapi, daging domba kemudian daging ayam yang paling umum berikut ikan, salad dan juga sayuran biasanya dihidangkan pada rute penerbangan jarak jauh. Tidak sembarangan pastinya pihak airlines dalam memilih jasa catering untuk memenuhi kebutuhan airline meal di pesawat, sebagaimana dilaporkan oleh koresponden The New York Times untuk dunia penerbangan, Jad Mouawad, adalah dibutuhkan ilmu dan pengetahuan khusus bagi jasa catering yang berkeinginan terjun sebagai penyedia makanan berkualitas dalam dunia penerbangan, The science of airline food demikian sebutannya.

Informasi lain yang bersumber daripada website binaukm.com tentang persyaratan khusus pendirian usaha catering yang melayani kebutuhan makanan bagi penyedia jasa angkutan internasional khususnya pesawat udara di Indonesia, catering yang melayani kebutuhan makanan pesawat udara di Indonesia adalah masuk ke dalam golongan C, di mana golongan ini merupakan golongan yang paling ketat dalam pengawasan standar mutu dan juga kualitas.  Usaha catering golongan C yang terkait dengan penyediaan airline meal ini adalah juga harus memenuhi persyaratan khusus yang ditetapkan oleh standar internasional seperti ISO 9002, sertifikat HCCP dan lain-lain.

Selain ketatnya persayaratan khusus dari segi hygiene sanitasi dan gizi, karena melayani penerbangan internasional, usaha catering golongan C juga disyaratkan memiliki tenaga ahli dan peralatan untuk membuat dan menyajikan menu masakan internasional seperti menu makanan China, Eropa, Arab dan lain-lain. Adanya tuntutan konsumen tersebut maka perusahaan usaha catering golongan C wajib memiliki peralatan serta ruang pengolahan yang sangat modern. Semoga dapat memberikan manfaat. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar