Selasa, 06 November 2012

Bulu Kambing& Keanggunan Kain Kashmir

Kain Kashmir, bagi para pembaca wanita barangkali sudah mengenal jenis kain yang satu ini? Kain yang terbuat dari bahan bulu kambing dan memiliki banyak cerita luar biasa tentang keanggunan dan manfaatnya. Kain Kashmir juga dikenal dengan sebutan Kain Pashmina yang awalnya dibuat oleh para wanita yang bertempat tinggal di lembah Kashmir, India.

Banyak kreasi busana yang bisa dibuat dengan menggunakan bahan kain Kashmir yang dikenal pula dikarenakan kelembutan dan kehalusannya, antara lain, Jilbab ataupun Kerudung Kashmir yang dikenal pula dengan Jilbab Pakistan, kemudian Selendang Kashmir dan lalu ada juga Gamis Pashmina. Kecantikan luar dalam wanita dengan bahan produk turunan kambing domba. 

 
Supermodel Claudia Schiffer merupakan pecinta berat kain ini, bekerjasama dengan sebuah brand pakaian rajut dari Jerman, IvA (Iris von Arnim), model cantik ini di tahun 2011 lalu baru saja meluncurkan koleksi terbatas Kashmir untuk musim gugur dan dingin. 

Kain Kashmir memang sangat dikenal di Eropa dan selalu menghasilkan banyak karya fashion baru dari para perancang busana ternama dengan bahan kain ini tiap tahunnya. Kain Kashmir mulai dikenal di Eropa pada abad ke-18, yaitu manakala Napoleon III memberikan hadiah berupa selendang kepada isterinya yang terbuat dari kain Kashmir. Sebagaimana contoh produk yang dapat dilihat pada Galeri Selendang Pashmina

Adalah berbeda antara Kain Kashmir dengan kain wool yang terbuat dari bulu domba. Kambing Kashmir tentunya adalah jenis kambing yang bulunya dipergunakan sebagai bahan baku kain ini. Karakteristik bulu kambing yang lurus berbeda dengan bulu domba yang keriting menjadikan proses produksi kain di lembah Kashmir dilakukan oleh banyak wanita yang ada di sana dengan penuh kelembutan dan juga kesabaran tanpa bantuan mesin awalnya, wool natural handmade.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar