Jumat, 09 November 2012

Masakan Daging Kambing& Minyak Samin

Bila ternak domba menghasilkan lanolin dari bulunya yang disebut dengan minyak bulu domba, bagaimana dengan hewan ternak kambing? Pernahkah pembaca mendengar tentang minyak samin? Minyak Samin, bersumber dari Wikipedia, sejatinya Minyak Samin adalah mentega yang terbuat dari lemak hewani seperti sapi, kerbau, unta, kambing ataupun domba. Minyak yang biasa dipakai sebagai minyak goreng pada setiap resep masakan Timur Tengah dan Asia Selatan khususnya India dan Pakistan. Bagi pembaca yang hobi dalam memasak resep yang berbau Timur Tengah dan India seperti nasi kebuli, martabak ataupun sop kambing di mana tentunya sudah tidak asing lagi dengan jenis minyak ini.

 

Bersumber dari buku Pola Makan Rasullulah yang ditulis oleh Prof. Dr. Abdul Basith Muhammad as-Sayyid, bangsa Arab adalah orang yang pertamakalinya membuat Minyak Samin ini secara tidak sengaja, yaitu manakala mereka sedang membawa susu menggunakan wadah yang terbuat dari kulit di atas punggung onta dan terjadi guncangan dalam perjalanan. Guncangan inilah yang menyebabkan terbentuknya butiran-butiran lemak pada susu yang lalu berubah menjadi potongan-potongan kecil yang disebut dengan Zabad. Cikal bakal Mentega dan Minyak Samin yang ada sekarang inilah yang awalnya disebut dengan dan berasal dari Zabad. 
Minyak Samin sering disebut juga dengan Minyak Kambing, di mana salah satu resep masakan daging kambing yang menggunakan Minyak Samin ini diantaranya adalah Nasi Goreng Kambing. Resep masakan daging kambing lainnya yang memakai Minyak Samin adalah Kambing Bakar, penggunaan Minyak Samin dioleskan pada Daging Kambing Bakar ketika dalam proses pematangannya.

Tidak kalah dengan susu kambing yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia, demikian halnya pula dengan minyak samin yang didapat dari ternak kambing, manfaat Minyak Samin yang bernama lain Schmin Oil ini untuk kesehatan tubuh dari hasil penelusuran pada beberapa web, Minyak Samin untuk pengobatan Hernia dengan campuran bahan lainnya berupa telur ayam kampung beserta madu. Kemudian manfaat lain Minyak Samin dalam penyembuhan penyakit seperti gatal-gatal, melancarkan air seni, ginjal dan juga syaraf otak. Semoga dapat memberikan manfaat. Tengah menjalani program diet namun berkeinginan tetap memakan daging kambing? Tidak perlu khawatir, temukan resepnya pada Tips Diet Sehat Ala Daging Kambing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar