Rabu, 06 Februari 2013

Makan Kari Kambing Cegah Kanker!



Kurang lengkap rasanya bilamana saat hendak menyantap kelezatan masakan sate kambing muda adalah tidak ditemani dengan menu hidangan kari kambing, ataupun masakan sate kambing muda itu sendiri yang bisa dibuat dengan resep bumbu kari kambing. Mutton, demikian sebutan untuk daging kambing muda. Bumbu dapur kari kambing yang umumnya terdiri dari ketumbar, jinten, adas manis, cabai merah, kunyit, jahe, bawang putih, bawang merah, kayu manis, bunga pekak, cengkih, kapulaga dan juga tomat. 

Makan kari kambing dapat mencegah serangan penyakit kanker? Bilamana melihat bumbu masak kari kambing yang terdiri dari aneka ragam rempah herbal di atas di mana selama ini telah diketahui bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia, olehkarenanya selain daging kambing muda yang sarat akan kandungan gizi dan nutrisi, bumbu masak kari kambing yang dibuat dari aneka ragam rempah herbal menjadikan menu hidangan santap makan daging kambing adalah tidak hanya sekedar lezat akan tetapi juga sehat!



Seperti bumbu dapur yang berjuluk si kecil ketumbar misalnya sebagai salah satu bumbu masak pada resep kari kambing, sebagaimana berita yang bersumber daripada Everydayhealth, selain sifat anti-bakteri dan anti-jamur yang dimiliki oleh ketumbar, bumbu dapur berukuran mungil ini juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh manusia dan meningkatkan kadar kolesterol baik pada tubuh manusia pula tentunya! Selain itu di mana ketumbar pun dikenal sebagai salah satu bahan penurun kadar gula pada tubuh manusia.

Kaitan antara makan kari kambing dengan upaya pencegahan penyakit kanker, adalah rempah kayu manis dan juga kunyit diantaranya sebagai bumbu masak kari kambing yang telah diketahui sejak lama sebagai rempah herbal pencegah penyakit kanker. Hasil penelitian menyatakan manfaat kayu manis sebagai jenis rempah sehat yang dapat mencegah penyebaran  kanker hati ganas dengan adanya kandungan senyawa antioksidan di dalamnya.

Tidak jauh berbeda dengan kunyit, kurkumin yang terkandung pada rempah kunyit sebagai salah satu bumbu masak kari kambing telah dikenal selama ini yang mana bermanfaat untuk mencegah kanker prostat diantaranya, termasuk juga manfaat rempah kunyit yang dapat mencegah serangan kanker hati dan juga kanker payudara. Tidak ketinggalan pula yaitu bawang putih tentunya!

Sebagaimana informasi yang didapat daripada situs RumahKanker.com, beberapa hasil penelitian yang menyatakan manfaat bawang putih dalam mencegah dan mengobati penyakit kanker terutama kanker yang disebabkan oleh bahan kimia berbahaya seperti kanker prostat, kanker perut, kanker kolorektal, kanker payudara, liver, kulit, dan juga paru-paru. Bagaimana? Tidak ragu lagi bukan untuk menjadikan kari kambing sebagai teman hidangan saat hendak menyantap kelezatan resep masakan sate kambing muda!    

1 komentar: