Rabu, 13 Februari 2013

Di Korea, Susu Kambing Pelengkap ASI Bayi

Sebagaimana Kristin Cavallari yang menyayangi anaknya,  manfaat susu kambing sebagai pelengkap ASI atau Air Susu Ibu adalah telah diketahui sejak lama, hasil penelitian menyatakan, tetesan lemak terkandung pada susu kambing menjadikan susu kambing lebih mudah dicerna oleh bayi karena mengandung jumlah asam lemak rantai pendek dan menengah yang lebih tinggi. Susu kambing menjadi susu terbaik setelah ASI yang direkomendasikan bagi bayi yang alergi, sering muntah ataupun memiliki masalah dalam pencernaannya.

Di Korea, susu kambing populer di kalangan para ibu menyusui sebagai pelengkap ASI bagi bayi ataupun para ibu yang bermasalah pada produksi air susunya. Bersumber dari situs Hani, harga susu kambing di Korea Selatan terbilang tinggi dikarenakan manfaatnya yang dikenal populer sebagai pengganti susu formula bagi bayi yang alergi ataupun sebagai susu pelengkap air susu ibu. Bilamana sudah dalam bentuk bubuk, susu kambing di Korea Selatan dijual sekitar USD 42 per 800 gram!

 

Walaupun ada beberapa pendapat yang juga menyatakan susu kambing sebaiknya tidak diberikan untuk bayi, akan tetapi untuk bayi pada usia tertentu yaitu di atas satu tahun dan mengalami kondisi alergi di mana susu kambing bisa menjadi rekomendasi setelah berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebaiknya. Air susu ibu walau bagaimanapun tetap yang terbaik untuk bayi yang berada pada usia kurang dari satu tahun, sebagaimana rekomendasi yang dikeluarkan oleh American Academy of Pediatrics.

Informasi lain yang didapat dari majalahkesehatan.com, dibandingkan susu hewan ternak lainnya seperti susu sapi dan juga susu domba, susu kambing merupakan susu yang paling mirip dengan air susu ibu dari segi komposisi, nutrisi, dan sifat kimia alami. Hal ini membuat susu kambing menjadi makanan ideal untuk menyapih anak. Eter gliserol yang jauh lebih tinggi pada susu kambing dibandingkan pada susu sapi juga membuat beberapa dokter merekomendasikannya untuk perawatan gizi bayi yang baru lahir. Di Korea, harga susu kambing bubuk bagi bayi dijual sekitar USD 42 per 800 gram, bagaimana dengan di Indonesia? Penelusuran pada Galeri Susu Formula Bagi Bayi, sebagaimana contoh produk di atas, susu kambing sebagai pendamping ASI dianjurkan bagi bayi yang berusia di atas 6 bulan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar