Senin, 01 September 2014

Bulu Domba Bahan Insulator Rumah

Memanfaatkan bulu domba sebagai bahan insulator alami pada atap rumah? Ide awalnya adalah daya adaptasi tinggi yang dimiliki hewan domba dengan kemampuan bertahan di cuaca panas dan hawa dingin dengan bulu yang melekat pada badannya, adalah perusahaan di Inggris yang mempelopori insulator atap rumah dari bulu domba.  

  

Bersumber dari Sheep Wool Insulation, keunggulan bulu domba sebagai insulator alami, wol bulu domba sebagai isolasi termal yang dapat mencegah hilangnya panas dari dalam rumah dengan membuat penghalang antara udara hangat di dalam rumah dan udara dingin di luar rumah. Prinsip yang sama dan bekerja secara terbalik saat kondisi panas yang berada di luar rumah.  

Insulator atap rumah dari bulu domba lebih hemat energi dan ramah lingkungan, kondisi rumah yang nyaman menjadikan Kita tidak perlu menyalakan pemanas saat kedinginan ataupun pendingin saat kepanasan, disamping itu, biaya produksi insulator atap bulu domba ialah lima kali jauh lebih hemat energi dibandingkan bahan lainnya.

Selain bulu domba, kira-kira apa lagi ya bahan alami yang bisa menjadi insulator pada atap rumah Kita? Bersumber dari How Stuff Works, pada artikel yang ditulis oleh John Perritano, pasangan pemilik rumah Jason dan Jennifer LaFleur di Chicago yang lebih memilih kacang kedelai sebagai bahan insulator alami di ruangan dapur mereka dibandingkan penggunaan fiber glass. Kacang kedelai yang selama ini baru diketahui pemanfaatannya sebatas pada minyak goreng, margarin, kecap, tahu, tempe, permen dan susu. 


Ayo Kita mulai gerakkan hemat energi! Gambar di atas adalah contoh produk dari bekerjanya prinsip insulator di kehidupan sehari-hari, detail produk ada pada Mom n Bruce Insulated Cooler Bag, tas yang memiliki kemampuan untuk menjaga suhu dingin di dalamnya hingga 5 jam (bervariasi) karena dilengkapi dengan ice gel yang sudah terdapat di dalam tas. Sebelum dipakai masukkan tas ke dalam freezer lemari es selama kurang lebih 5 jam, produk yang bisa digunakan untuk menyimpan ASI dan juga susu kambing. Semoga dapat memberikan manfaat. Posting blog terdahulu tentang bulu domba pada Kenali Bahan Kosmetik Alami Dari Bulu Domba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar