Senin, 14 Januari 2013

Cegah Stroke dengan Gulai Jantung Pisang



Stroke, jenis penyakit yang paling banyak ditakuti oleh semua orang selain kanker dan juga serangan jantung. Bilamana dahulu penyakit stroke identik terjadi pada orang lanjut usia, namun pengaruh gaya hidup dan juga lingkungan menjadikan penyakit stroke dapat menimpa siapa saja di masa sekarang, bahkan sampai-sampai daging kambing domba pun dianggap sebagai biang keladi penyakit stroke hingga saat sekarang!

Lalu apa sebenarnya penyakit stroke ini? Kemudian bagaimana dengan gejalanya dikarenakan serangan stroke sebagaimana penyakit jantung adalah seringkali terjadi secara tiba-tiba. Paling utama adalah hubungan antara penyakit stroke dengan kuliner masakan kambing domba? Menarik untuk diketahui tentunya.

Tahukah pembaca bilamana terdapat salah satu bagian dari pohon pisang di mana bagian ini sangat bermanfaat sebagai pencegah penyakit stroke? Dan tidak hanya itu, bagian dari pohon pisang yang bernama jantung pohon pisang atau banana blossom ini dapat juga diolah sebagai bahan masakan daging kambing diantaranya resep masakan gulai jantung pisang. Bahan masaknya terbilang sederhana dan mudah untuk didapat sebagai resep masakan pencegah serangan stroke ataupun bagi yang merasa was-was mengkonsumsi daging kambing domba yang dianggap sebagai biang keladi penyakit stroke! Selain jantung pisang dan daging kambing tentunya, bisa juga daging sapi, resep gulai jantung pisang juga terdiri dari bumbu rempah.  



Kembali kepada topik bahasan stroke sebagai jenis penyakit yang menakutkan, pengertian penyakit stroke itu sendiri dalam bahasa sederhana adalah penyakit yang terjadi awalnya akibat penyumbatan pembuluh darah pada bagian otak manusia, dengan kata lain dikarenakan tersumbatnya pembuluh darah pada bagian otak maka menjadikan fungsi otak yang terdiri dari berjuta rangkaian syaraf yang saling terhubung dan mengendalikan gerakan anggota tubuh manusia pun pada akhirnya terganggu, kondisi inilah yang dinamakan dengan telah terjadinya serangan stroke.  

Khawatir terhadap serangan penyakit stroke adalah wajar dan beralasan, olehkarenanya sangat baik bagi Kita bilamana dapat mengetahui gejala awal terjadinya potensi serangan stroke sehingga bisa dilakukan pencegahan dengan pola makan dan gaya hidup sehat tentunya. Serangan stroke paling fatal adalah berupa kelumpuhan pada anggota tubuh, namun umumnya serangan stroke akan diawali dengan gejala stroke yang antara lain gangguan pandangan di mana bagian mata yang sering berkunang-kunang, pusing kepala, sulit untuk berpikir dan gerakan anggota tubuh yang spontan namun tanpa sebab, sering pingsan dan merasa kehilangan keseimbangan.

Masakan dari olahan bahan jantung pisang salah satunya adalah yang direkomendasikan sebagai bahan masakan pencegah serangan stroke. Berita yang bersumber dari website dailymail.co.uk, selain anjuran memakan minimal tiga buah pisang setiap hari saat sarapan pagi untuk mencegah resiko serangan stroke, eat banana to slash the risk of strokes, demikian juga dengan jantung pohon pisang yang kaya akan antioksidan, potassium dan tannins sebagaimana buah pisang.    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar