Kamis, 06 Desember 2012

Sate Domba Muda Anti-Inflamasi

Benarkah menyantap hidangan sate yang dibuat dari jenis daging merah seperti daging kambing, sapi dan juga domba bisa menyebabkan terjadinya inflamasi? Inflamasi atau peradangan yang menimbulkan kekhawatiran dapat berujung pada penyakit jantung dan juga kanker dikarenakan terlalu banyaknya zat besi dari sumber hewani pada daging merah?

Kenali gejala inflamasi yang biasanya ditandai dengan rasa panas pada tubuh, kemerahan, bengkak dan rasa nyeri pada sendi sebagaimana keterangan yang didapat dari Farmasiku. Beberapa penyebab inflamasi yang diantaranya karena alergi, cedera fisik ataupun infeksi. Adapun anti inflamasi adalah obat yang dapat meredakan radang yang disebabkan bukan oleh mikroorganisme (non infeksi). 

Sebuah informasi menarik  bersumber dari Eat Play Be, yaitu mengenai hidangan sate domba muda sebagai jenis hidangan berkategori anti atau obat inflamasi dengan resep aslinya yang berjudul  “Mediterranean Lamb Skewers”. Selama tidak dikonsumsi berlebihan, diakui, sate domba muda yang kaya akan gizi dan nutrisi khususnya kandungan zat besi, asam lemak baik serta mineral didalamnya adalah obat inflamasi alami.  



Lalu seperti apa resep sate domba muda sebagai anti inflamasi sebagaimana keterangan yang ada pada situs Eat Play Be? Selain bahan bumbu rempah  mulai dari bawang putih, daun mint dan oregano segar, minyak zaitun yang dikenal memiliki sifat anti inflamasi juga menjadi bahan pada resep dimaksud, adapun daging domba pada resep adalah daging domba yang didapat dari ternak domba masih menyusui pada induknya, daging domba muda. 

Domba muda, domba masih berusia di bawah lima bulan yang  masih mengandalkan pasokan nutrisi dari susu induk, ini yang menyebabkan daging domba muda yang dijadikan bahan sate pada resep adalah kaya akan asam lemak baik, kandungan zat besi serta mineral sebagai anti-inflamasi. Termasuk daging domba yang berasal dari ternak domba yang hanya diberikan pakan rumput dalam pemeliharaannya atau biasa disebut dengan domba organik. 


Minyak zaitun dikenal sebagai minyak yang memiliki sifat anti inflamasi? Sebagaimana contoh gambar di atas, Minyak Zaitun Rafael Salgado 175ml, minyak zaitun dari Spanyol dengan kualitas terbaik, terbuat dari Cornicabras dan Manzanillas dari Andalusia. Berwarna emas, segar dan beraroma khas, cocok untuk salad dengan sedikit cuka sherry. Rafael Salgado adalah pemasok rutin minyak zaitun untuk kerajaan Spanyol. Rafael Salgado Extra Virgin Olive Oil mengandung asam lemak esensial (asam linoleat) yang tidak dihasilkan oleh tubuh kita tetapi harus diekstrak dari sayuran untuk diserap oleh tubuh kita, asam ini membutuhkan bantuan vitamin E dan ini juga ditemukan dalam minyak zaitun, konsumsi asam lemak tak jenuh tunggal yang mengurangi kolesterol. Posting blog lainnya tentang manfaat bumbu rempah pada hidangan masakan daging domba pada Bunga Pekak Dan Lezatnya Daging Domba dan Resep Daging Domba Panggang La Vanilla.   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar