Selasa, 20 November 2012

Bunga Pekak dan Lezatnya Daging Domba

Bilamana masih ada orang yang takut makan daging domba, salah apa dengan daging domba yang sebenarnya sarat akan gizi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh manusia, terlebih lagi masakan daging domba biasa diolah dengan aneka bumbu rempah sehingga tidak hanya sekedar kelezatan cita rasa tetapi juga ragam rempah yang terbukti memberikan banyak manfaat bagi kesehatan manusia. Salah satu tips sehat memakan daging domba adalah menyertakan selalu bumbu rempah seperti kunyit, lada, cengkeh dan juga jahe termasuk bunga pekak diantaranya. Bunga Pekak dan Lezatnya daging domba?

 

Bunga Pekak, demikian masyarakat Jawa Tionghoa biasa menyebutnya, ataupun Bunga Pekak dikenal juga dengan sebutan Bunga Lawang oleh masyarakat Bali di Indonesia dan Star Anise sebagai nama komoditi dagang daripada Bunga Pekak di pasar internasional. 

Silahkan pembaca amati menu masakan pada hotel berbintang ataupun restoran ternama dengan resep berbahan baku daging kambing domba, Lamb Shanks Star Anise, atau yang paling terkenal adalah resep masakan Kashmiri Lamb Curry sebagai jenis masakan asal India yang pastinya senantiasa menyertakan ingredients bunga pekak di dalamnya. Bahkan sekarang ini Bunga Pekak tidak hanya saja dijual dalam bentuk Bunga akan tetapi sudah banyak tersedia pula bunga pekak bubuk sehingga lebih mempermudah dalam pemanfaatan.

Manfaat bunga pekak bagi kesehatan manusia? Tanaman yang aslinya banyak dijumpai di daratan Cina dengan nama latin Illicium verum ini adalah memiliki banyak manfaat bagi kesehatan manusia sebagaimana fungsinya sebagai bumbu rempah, tidak hanya membuat aroma masakan menjadi lebih sedap dan wangi, beberapa manfaat kesehatan daripada bunga pekak diantaranya ialah, dalam ilmu pengobatan tradisional Cina, Bunga Pekak dianjurkan untuk mengatasi masalah pencernaan pada tubuh manusia, meningkatkan kesehatan organ reproduksi wanita dan juga produksi air susu bagi ibu yang sedang menyusui. 

Bersumber daripada web Media Indonesia tentang kandungan nutrisi bunga pekak, Shikimic asam, salah satu senyawa dalam bunga pekak yang biasa digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan influenza. Sifat antibakteri dan antijamur yang dimiliki bunga pekak di mana berguna dalam pengobatan asma, bronchitis dan juga batuk kering. Kandungan linalool, senyawa lainnya pada bunga pekak yang mengandung sifat antioksidan sehingga sangat baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Sekarang bayangkan manakala bunga pekak dijadikan bumbu rempah pada kelezatan daging domba? Salah apa dengan masakan daging domba? Arsip masakan daging domba lainnya, sajian domba panggang dengan saus kopi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar