Rabu, 17 Oktober 2012

Domba Omega 3

Berternak Aman, Berternak Sehat dan Berternak Ramah Lingkungan, pakem ini yang tengah menjadi trend di kalangan peternak luar negeri dengan berlomba untuk dapat menghasilkan produk ternak yang tidak hanya sekedar Aman untuk dimakan akan tetapi juga harus Sehat dan Ramah terhadap Lingkungan dari sisi produksi (ASR).

Produk ternak terkait seperti daging domba kambing maupun sapi contohnya yang umum dikonsumsi oleh masyarakat, sebagaimana yang dilansir oleh ABC News pada web Health.Detik.Com, makanan sapi memang sebaiknya adalah rumput, namun belum tentu semua sapi yang diternakkan saat ini 100% diberi pakan rumput alami dalam arti sapi yang dipelihara juga masih harus mengandalkan pakan ternak buatan pabrik, padahal sapi yang diberi pakan rumput akan memiliki kandungan lemak omega 3 yang jauh lebih baik dibandingkan sapi yang diberi pakan ternak buatan pabrik.

Domba Omega 3? Berlaku juga untuk ternak kambing domba, domba yang diberikan pakan rumput alami akan memiliki kandungan lemak baik omega 3 yang jauh lebih tinggi dibandingkan domba yang diberikan pakan pabrik. Sama halnya dengan sapi yang diberikan pakan rumput alami juga akan memiliki kandungan vitamin E yang 2 kali lipat lebih tinggi pada dagingnya dibandingkan sapi yang diberikan pakan pabrik.

Bersumber dari web Dinas Peternakan Provinsi Jawa Barat, penelitian yang dilakukan oleh sebuah universitas di Australia, Deakin University bersama Deakin’s Barwon Psychiatric Research Unit yang mana meneliti hubungan antara pola makan daging sapi dan domba dengan kecemasan dan gangguan mental. Penelitian dilakukan dengan mengamati kebiasaan makan 1.000 responden wanita.

Hasil penelitiannya adalah bila jenis daging merah seperti kambing domba dan juga sapi adalah jenis bahan baku makanan yang sangat penting dan dianjurkan untuk dikonsumsi seorang wanita sebagai bagian menu diet sehat dan berkualitas setidaknya 3 hingga 4 per minggu dengan ukuran sebesar telapak tangan, daging domba kambing yang berasal dari ternak yang hanya memakan rumput alami akan memiliki kandungan nutrisi asam lemak omega-3 yang lebih tinggi dan bermanfaat untuk kesehatan mental serta fisik wanita di mana tidak perlu khawatir juga menyebabkan kegemukkan.

Lalu bagaimana dengan para vegetarian ataupun wanita yang tidak terbiasa memakan daging? Jangan khawatir, jenis makanan lain berasal dari tumbuh-tumbuhan yang bisa dijadikan sebagai pengganti daging merah diantaranya adalah Rumput Laut, jenis makanan yang juga sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Namun anjuran bagi para wanita yang gemar mengkonsumsi aneka jenis masakan berbahan baku rumput laut, sebagaimana berita yang didapat dari web Food.Detik.Com, penelitian yang dilakukan oleh sebuah universitas di Inggris, Dr. Nicholas Jakubovics menyampaikan bila pada rumput laut ditemukan mikroba yang dapat merusak gigi, olehkarenanya segeralah untuk menggosok gigi dengan pasta gigi yang mengandung enzim setelah mengkonsumsi makanan yang mengandung rumput laut. Salam Hidup Sehat!

 

Rumput laut makanan sehat bagi ibu hamil dan vegetarian, aneka makanan berbahan rumput laut yang kini telah diolah ke dalam ragam produk yang mengundang selera, cemilan sehat manisan rumput laut misalnya sebagaimana berita yang didapat dari Phoenix Food Indonesia, manisan rumput laut yang menjadi ciri khas oleh-oleh jika suatu ketika pembaca berlibur ke daerah Lombok yang dikenal dengan keindahahan pantainya. Manisan Rumput Laut adalah makanan tradisional yang diolah dari rumput laut dengan varian rasa buah pilihan secara higenis dan dengan standar keamanan pangan. Rumput Laut mengandung antioksidan yang baik untuk anda karena dapat mencegah kanker. Termasuk dodol rumput laut khas Lombok sebagaimana berita yang didapat dari Phoneix Food Lombok Indonesia.

Cemilan sehat berbahan rumput laut, sebagaimana berita yang didapat dari Huffington Post, hasil penelitian yang dilakukan terhadap kandungan nutrisi rumput laut yang terbukti efektif dalam mengatasi rasa cemas dan depresi termasuk obesitas dan serangan asma. Dalam rumput laut yang juga terkandung antioksidan yang sangat tinggi untuk mencegah penyakit kanker payudara. Cemilan sehat rumput laut yang ternyata bermanfaat juga untuk mengontrol siklus menstruasi dan meningkatkan kesuburan wanita. Posting blog lainnya berkait menu diet sehat dan omega 3 pada Manfaat Sehat Daging Domba Muda.      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar