Sabtu, 31 Juli 2010

DAGING DOMBA SARAT MANFAAT

Siapa bilang daging domba berkolestrol tinggi? Siapa bilang juga daging domba penyebab hipertensi? Padahal hasil penelitian di berbagai negara dunia menyatakan bila daging domba merupakan salah satu jenis daging merah yang sarat akan nutrisi dan aman untuk dikonsumsi. Daging domba muda atau sering disebut juga dengan Lamb yang berasal dari anak domba berusia 1 tahun ke bawah, kaya akan protein, zat besi, vitamin B12 dan nutrisi lainnya seperti zinc, selenium serta niacin. Bersama Kita telaah lebih jauh mengenai kandungan nutrisi daging domba muda yang memang ternyata bermanfaat untuk kesehatan tubuh ini.

PROTEIN, komponen terbesar dalam tubuh manusia setelah air, jumlahnya 1/6 dari berat tubuh manusia yang tersebar di dalam otot, tulang, kulit serta berbagai cairan tubuh. Protein diperlukan oleh tubuh manusia sebagai zat pembangun yaitu membentuk jaringan baru dalam tubuh, zat pengatur yaitu mengatur sistem dalam tubuh serta zat pembakar yaitu protein akan dibakar ketika kebutuhan energi tubuh tidak dapat dipenuhi oleh hidrat arang dan lemak. Daging domba muda merupakan sumber protein yang baik dan berkualitas tinggi, setiap takaran 300 gram daging domba muda terkandung 23,64 gram protein yang bermanfaat untuk tubuh sehingga dapat memenuhi 47,27% protein yang dibutuhkan oleh orang dewasa setiap harinya. 

ZAT BESI, bagian penting dari hemoglobin, protein pengangkut oksigen dalam darah. Umumnya tubuh memperoleh pasokan zat besi dari makanan dan hasil daur ulang Fe pada sel darah merah tua. Tanpa zat besi, darah tak dapat membawa oksigen dengan.efektif. Oksigen diperlukan oleh setiap sel tubuh agar dapat berfungsi secara normal. Dalam setiap takaran 300 gram daging domba muda ialah terkandung 1,85 miligram zat besi yang dapat diserap oleh tubuh.

 

VITAMIN B12, sebuah penelitian yang dilakukan Universitas Oxford di Inggris, dipimpin oleh Professor David Smith dan dimuat dalam jurnal Neurology, Para peneliti menyimpulkan bila orang tua dengan konsumsi vitamin B12 dengan dosis lebih rendah dari rata-rata kebutuhan memiliki resiko enam kali mengalami berkurangnya kemampuan otak. Penelitian itu kemudian menganjurkan konsumsi vitamin B12 yang terkandung pada daging, ikan dan susu agar dapat mengurangi risiko pikun di masa tua. Vitamin B12 dikenal juga sebagai cyanocobalamin dan memegang peran kunci agar otak dan sistem saraf dapat berfungsi dengan baik. Bagi anak bayi yang menyusui, asupan vitamin B12 yang paling baik adalah dari air susu ibu. Kebutuhan pokok asupan vitamin B12 yang ideal setidaknya 2 mikrogram per hari, di mana dalam setiap takaran 300 gram daging domba muda terkandung 2,38 mikrogram vitamin B12 yang dapat diserap oleh tubuh. 

ZINC, mineral esensial untuk kesehatan, Zinc (seng) adalah salah satu mikronutrien atau mineral yang esensial bagi manusia. Zinc diperlukan oleh berbagai jenis enzim dalam menjalankan fungsinya, antara lain sintesa dan perombakan protein, karbohidrat, dan lemak. Zinc juga diperlukan oleh berbagai protein lain serta oleh biomembran. Dalam hal ini, Zinc berperan penting dalam metabolisme tingkat seluler, antara lain sintesa DNA dan RNA. Bahkan, kehadiran Zinc dalam tubuh kita akan sangat mempengaruhi fungsi kekebalan tubuh sehingga berperan penting dalam pencegahan infeksi oleh berbagai jenis bakteri patogen. Daging domba muda merupakan sumber Zinc yang baik dan berkualitas tinggi, setiap takaran 300 gram daging domba muda terkandung 4,55 mg Zinc yang bermanfaat untuk tubuh.

SELENIUM, salah satu mineral penting lainnya yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, memiliki fungsi sebagai antioksidan untuk meredam aktivitas radikal bebas. Tubuh manusia pada dasarnya memiliki kemampuan untuk melawan radikal bebas yang bisa menghancurkan sel dan menimbulkan berbagai penyakit kronis seperti kanker, penyakit jantung dan penuaan dini. Di dalam tubuh, selenium bekerja sama dengan vitamin E sebagai zat antioksidan untuk memperlambat oksidasi asam lemak tak jenuh. Hasil penelitian belakangan ini memastikan bahwa selenium juga dapat mencegah kanker (termasuk kanker kulit akibat paparan matahari) sehingga semakin menambah pamornya sebagai mineral yang bermanfaat besar untuk meningkatkan fungsi kekebalan tubuh manusia. Daging domba muda merupakan sumber selenium yang baik dan berkualitas tinggi, setiap takaran 300 gram daging domba muda terkandung 14,30 mikrogram selenium yang bermanfaat untuk tubuh sehingga dapat memenuhi 20,43% seleinum yang dibutuhkan oleh orang dewasa setiap harinya.

NIACIN, dikenal juga dengan vitamin B3, berperan membantu otak dalam memproduksi zat-zat kimia penting dan membantu pembuatan protein. Vitamin B3 juga diperlukan oleh tubuh untuk peredaran darah dan kulit yang sehat. Niacin mengambil peran penting dalam menghasilkan tenaga daripada gula darah (blood sugar) serta proses produksi lemak. Selain itu, vitamin B3 memperkecil resiko penyakit mental schizophrenia disamping memilliki manfaat sebagai penambah ingatan. . Daging domba muda merupakan sumber niacin yang baik dan berkualitas tinggi, setiap takaran 300 gram daging domba muda terkandung 5,10 miligram niacin.

LAMB FOR BABY FOOD

Masa balita adalah saat di mana terjadinya peralihan perkembangan bayi menjadi anak yang lebih besar, pada fase ini kebutuhan asupan zat besi bagi seorang bayi menjadi sangat penting. Menurut Dr. Endang Tatar, MPH, SpA(K) pada salah satu tulisannya, sejak dalam masa konsepsi sampai anak tersebut dilahirkan, anak sudah membutuhkan tumbuh dan berkembang. 

Setelah di luar kandungan, anak juga membutuhkan tumbuh dan berkembang secara cepat terutama dalam 2 tahun pertama kehidupannya. Lihatlah pertambahan besar kepala si kecil pada masa ini! Besar kepala anak akan tumbuh dengan pesat pada masa ini. Lihatlah pencapaian perkembangan si kecil pada masa 2 tahun pertama ini! 

Si kecil akan mengalami perubahan yang sangat pesat sampai ia bisa berjalan dan berbicara pada masa ini. Pada masa ini, si kecil memerlukan asupan tambahan zat besi 0,5-10 mg per harinya untuk memenuhi kebutuhannya untuk tumbuh kembang. Jadi, sejak awal kehidupannya, anak sudah memerlukan asupan zat besi dalam jumlah yang cukup.

Usia Bayi 0 s.d 6 Bulan menyusui ASI, kebutuhan zat besi 0,5 mg/hari
Usia Bayi 0 s.d 6 Bulan susu formula, kebutuhan zat besi 3 mg/hari
Usia Bayi 7 s.d 12 Bulan, kebutuhan zat besi 9 mg/hari
Usia 1 hingga 11 Tahun, kebutuhan zat besi 6 hingga 8 mg/hari
Usia 12 hingga 18 Tahun, kebutuhan zat besi 10 hingga 13 mg/hari

Lalu darimanakah si kecil mendapatkan asupan zat besi? Saat bayi masih berusia antara 3 sampai dengan 4 bulan, asupan zat besi dari luar yang diperlukannya adalah masih rendah dikarenakan adanya sisa cadangan ketika dalam janin. Cadangan zat besi ini akan mulai menurun ketika bayi memasuki tahapan usia 6 bulan, padahal pada tahapan ini di mana pertumbuhan bayi adalah cepat, disisi lain bayi sedang dalam tahapan belajar untuk memakan makanan yang padat. 

Adapun asupan zat besi bagi si kecil dapat diperoleh dari makanan yang berasal baik dari hewani maupun nabati, namun bagi si kecil di mana ternyata zat besi yang bersumber dari hewani adalah lebih mudah diserap dibandingkan zat besi yang bersumber dari nabati. Menurut Kepala Divisi Saraf Anak Departemen Ilmu Kesehatan Anak Fakultas Universitas Indonesia/Rumah Sakit Cipto Mangukusomo Hardiono D Pusponegoro pada harian Media Indonesia edisi 24 Februari tahun 2010, setiap tahun rata-rata terdapat 40% bayi mengalami kekurangan zat besi. Kondisi itu bisa menyebabkan beberapa tahun ke depan di Indonesia akan mucul generasi bodoh. Menurutnya, bayi yang kekurangan zat besi itu berada hampir di seluruh wilayah Indonesia. "Tidak kurang dari 20 hingga 40 persen bayi kekurangan zat besi berada di seluruh daerah di Indonesia. Dari dua juta bayi yang lahir setiap tahun, 40 persennya kekurangan zat besi," ujarnya. Hardiono mengatakan, zat besi dibutuhkan oleh otak. Kekurangan zat besi akan menyebabkan perkembangan otak lambat, prilaku buruk, hiperaktif, serta IQ kurang dari 50-10 poin. "Jika ini terjadi, akan menyebabkan bangsa kita menjadi bodoh," ujarnya. 

Dokter Clare Wall seorang peneliti dari rumah sakit Starship di Selandia Baru menyatakan, kebutuhan asupan zat besi bagi seorang bayi yang diperoleh dari hasil masakan sendiri dan bersumber baik dari hewani maupun nabati adalah jauh lebih baik dibandingkan bentuk makanan jadi buatan pabrik. Adapun di Auckland itu sendiri di mana hampir 1 dari 6 anak berusia di bawah 2 tahun mengalami kekurangan zat besi (14%).

Pertanyaannya selanjutnya adalah, darimanakah si kecil dapat memperoleh asupan zat besi terbaik khususnya bersumber dari hewani? Di mana zat besi yang bersumber dari hewani adalah lebih mudah diserap dibandingkan zat besi yang bersumber dari nabati. Bersumber dari web Beef and Lamb New Zealand, jenis daging merah khususnya adalah lean beef dan lamb (daging domba muda) adalah beberapa di antara sumber terbaik zat besi untuk diserap dibandingkan ayam, babi dan ikan. 

Khusus daging domba muda, sebut saja menu Mini Meatballs atau baso daging domba yang dapat dibuat dari daging domba yang dicincang, kemudian ada juga menu Lamb’s Liver and Vegetable yang berbahan dasar hati domba muda, aneka resep Lamb Soup juga dapat dicoba untuk kecerdasan dan pertumbuhan balita Kita tercinta. Hal paling penting sebelum membuat dan menyajikan suatu resep berbahan dasar daging domba, cari tahu dengan baik mengenai informasi apakah makanan yang akan Kita sajikan sudah sesuai dengan usia buah hati Kita.

 

Pertanyaannya selanjutnya adalah, darimanakah si kecil dapat memperoleh asupan zat besi terbaik khususnya bersumber dari hewani? Khusus daging domba muda, sebut saja menu Mini Meatballs atau baso daging domba yang dapat dibuat dari daging domba yang dicincang, kemudian ada juga menu Lamb’s Liver and Vegetable yang berbahan dasar hati domba muda, informasi bermanfaat pada Pumpee Smart Baby Food Processor, baby food processor yang dapat membantu para ibu saat hendak menyediakan makanan untuk bayinya karena tidak perlu repot dan tidak membutuhkan waktu lama lagi untuk menyiapkannya. Baby food processor yang dapat menghancurkan dan menghaluskan semua jenis makanan baik kacang-kacangan bahkan semua jenis daging dengan 3 kecepatan berbeda. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar