Sabtu, 20 Oktober 2012

Rahasia Sate& Bumbu Rempah

Pertanyaan yang sering diajukan oleh para penjual sate kepada pembeli, “Berapa tusuk pesan satenya mas? Pakai bumbu apa, bumbu kecap atau kacang?” Dari hasil penelusuran, ternyata sate sebagai salah satu bagian kekayaan kuliner Indonesia memiliki banyak variasi seputar bumbu yang digunakannya, lidah orang bule menyebutnya dengan Lamb Satay Sauce bilamana itu berlaku untuk bumbu sate berbahan baku daging kambing dan juga domba, Chicken Satay Sauce bilamana itu untuk bumbu sate berbahan baku daging ayam, ataupun Beef Satay Sauce bilamana untuk bumbu sate yang berbahan baku daging sapi.

Tidak hanya sate saja sebenarnya sebagai kekayaan kuliner Indonesia yang memiliki misteri rempah di dalamnya, hampir semua kelezatan kuliner nusantara adalah ditentukan oleh racikan rempah di dalamnya, Nasi Liwet Bandung misalnya, ataupun Coto Makassar umpamanya dan masih banyak lagi kekayaan kuliner Indonesia lainnya, what is food without spices?  

Sejarah menerangkan bila sate itu sendiri dahulunya dibuat berawal dari pulau Jawa yang kemudian menyebar ke seluruh pelosok nusantara bahkan dunia, hingga pada akhirnya sate pun sekarang sejajar dengan aneka resep daging domba internasional. Mantap! Selandia Baru dikenal dengan Lamb Burgernya, Belgia dengan Kelezatan Cokelat Emasnya dan Indonesia dengan Satenya! Sate is Indonesian Food.  
  
Sate diadopsi dari masakan sejenis Kebab yang dibawa oleh para pedagang muslim berkebangsaan India ke tanah Jawa, sebagaimana keterangan yang ditulis oleh Jennifer Brennan pada Kitchen Daily. Nama sate itu sendiri konon adalah diambil dari salah satu kata dalam bahasa Tamil sebagai jenis masakan yang banyak dibuat oleh para pedagang makanan jalanan di tanah Jawa sekitar abad ke-18. Sate menjadi masakan favorit para pedagang Arab dan muslim Tamil pada masa itu hingga saat perayaan qurban pun daging domba qurban yang berlimpah akan selalu diolah dalam bentuk sate. 

Sate diadopsi dari masakan sejenis Kebab yang dibawa oleh para pedagang muslim berkebangsaan India ke tanah Jawa, teknik mematangkan daging kebab dengan cara dibakar ataupun dipanggang dengan menggunakan alat panggang sebagaimana contoh di atas, informasinya dapat dilihat pada Alat Pemanggang Sate Tradisional Kombinasi Modern, terbuat dari tanah liat khusus dan pilihan, menyerap lemak dan minyak dengan cepat terlebih memiliki desain yang indah. Tidak perlu menggunakan arang tetapi menggunakan kompor minyak tanah atau kompor gas . Pemanggang tinggal di letakkan di atas kompor tunggu beberapa saat dan pemanggang siap dipakai.

Bumbu rempah pada rahasia kelezatan sate? Keanekaragaman jenis bumbu pada kelezatan sate saat sekarang adalah sebagai hasil kreasi rempah yang ada di tempat sate itu dibuat dan selera lidah tiap-tiap daerah di Indonesia yang berbeda. Sate mulai menyebar ke seluruh pelosok nusantara hingga antero dunia sekitar akhir abad ke-19. 

Sate Madura misalnya, ciri khas sate Madura yang selama ini Kita kenal selain bumbu kacang yang ditumbuk halus dengan petis dan bawang merah di mana aslinya ternyata adalah bumbu sambal kemiri. Sambal yang dibuat dengan bumbu dasar seperti cabai, kacang goreng, garam, air hangat dan lainnya ini juga menyertakan kemiri di dalamnya. 

Kemiri, Aleurites moluccana, julukannya ialah Tanaman Pelezat dan Kaya Manfaat, Kemiri di Indonesia dikenal sebagai bumbu rempah yang menambah rasa gurih pada masakan. Pernah mendengar Sambal Kemiri? Di mana sambal ini merupakan sambal khas Betawi. Contoh lainnya misal adalah Sate Padang, sate yang pada umumnya bahan baku daging yang digunakan ialah daging kambing ataupun jeroan sapi, ciri khas sate padang ada pada saus kuah kuning yang di dalamnya terdiri dari aneka bahan rempah mulai dari kunyit, jahe, ketumbar, langkuas dan lainnya. Sate Kambing, nah ini yang paling populer di tanah Jawa dari hasil penelusuran, ciri khas sate kambing ialah walaupun dengan bumbu kecap yang terbilang sederhana, kelezatan adalah pada daging domba kambing yang digunakan di mana masih berusia muda antara 3 hingga 5 bulan. Semoga Bermanfaat. Membutuhkan informasi lebih banyak tentang bumbu rempah dan daging domba, posting blog terdahulu pada Bumbu Rempah Yang Menyehatkan Pada Masakan Daging Domba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar