Sabtu, 16 Februari 2013

Bagaimana Cerita Kambing Guling Awalnya?

Bagi para pembaca yang merupakan pecinta masakan kambing ataupun domba guling, tahukah pembaca tentang cerita resep masakan domba guling di dunia awalnya? Bersumber daripada situs bbq.about.com, rangkuman artikel yang ditulis Derrick Riches, resep masakan domba guling sebagai salah satu resep masakan tradisional tertua yang ada di dunia. Diawali dengan penduduk di wilayah Asia Tengah yang mengkonsumsi daging domba untuk kebutuhan makanan, masakan domba guling pun dalam sejarahnya di beberapa negara identik dengan hidangan yang biasa dibuat guna menyambut perayaan ataupun hari keagamaan khusus.

Istilah whole lamb roast adalah dikenal untuk masakan domba guling yang dagingnya berasal dari hewan ternak domba, sedangkan mutton roast merupakan istilah untuk masakan kambing guling bilamana daging yang digunakan berasal dari hewan ternak kambing. Walaupun domba dan kambing keduanya adalah jenis ternak ruminansia atau hewan pemakan rumput, akan tetapi tekstur dan rasa daging keduanya ialah berbeda.

 
Hidangan domba guling identik dengan hidangan yang biasa dibuat guna menyambut perayaan ataupun hari keagamaan khusus? Seperti di Indonesia misalnya, sajian domba guling yang kurang lengkap rasanya bila tidak dihidangkan pada acara pesta pernikahan. Di Amerika Serikat di mana hidangan domba guling biasa dibuat saat menyambut hari paskah. Lain lagi dengan cerita yang ada di Yunani, selain menjadi hidangan yang biasa dibuat saat menyambut paskah, pasangan keluarga yang hendak menempati rumah baru senantiasa membuat domba guling, sementara di negeri tirai bambu Cina yang mana domba guling dibuat manakala hendak menyambut kedatangan tamu agung.

Harus bersusah payah terlebih dahulu bilamana masakan domba ataupun kambing guling dibuat di masa lampau, menggali tanah untuk dijadikan tempat pembakaran yang di bagian atas permukaannya di letakkan bata sebagai tempat pemanggangan. Berbeda tentunya dengan masa sekarang di mana alat kambing guling mudah untuk dibuat ataupun mudah untuk didapat sebagai bagian dari perlengkapan barbeque. Termasuk alat panggang domba guling yang sekarang ini sudah tersedia pula dalam bentuk oven dan menggunakan energi listrik. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar