Selasa, 22 Januari 2013

Tips Memanggang Daging Ala Caja Cina



Bagi pembaca yang merupakan pecinta resep masakan daging babi panggang, mungkin sudah tidak asing lagi dengan alat pemanggang daging yang bernama Caja? Caja, alat pemanggang daging yang aslinya adalah berasal dari negeri tirai bambu Cina dengan fungsi yang sebenarnya sama dengan microwave namun caja lebih memiliki keunggulan sebagai alat pemanggang daging tempo dulu yang masih tetap digunakan hingga sampai sekarang!

Caja, alat pemanggang daging ala negeri Cina dengan bentuk hanya sebuah kotak sederhana yang mudah untuk dibawa ke mana saja sehingga proses pemanggangan daging pun bisa dilakukan di luar ruangan sekalipun sebagaimana pesta barbeque. Tidak hanya itu, Caja pun bisa digunakan untuk memanggang daging hewan ternak secara utuh dan dalam ukuran besar selama itu masih tergolong ruminansia kecil seperti kambing, domba dan juga babi namun tidak termasuk sapi!

Awalnya caja dibuat untuk memanggang daging babi di negeri Cina, namun sekarang caja sudah mendunia dan bahkan menjadi pilihan sebagai alat pemanggang daging yang praktis dan ekonomis dikalangan para chef dan ahli masak daging domba dunia! Caja Roasting Box ataupun China Roasting Box, demikian penamaan komersil alat pemanggang daging asal Cina ini pada banyak situs jual beli online. Caja, alat pemanggang daging sederhana yang bekerja dengan prinsip panas arang dan tekanan dalam kotak tertutup untuk menciptakan tingkat kematangan yang sempurna pada daging yang dipanggang.

Informasi menarik lainnya terkait sejarah caja sebagai alat pemanggang daging yang mendunia, walaupun aslinya ialah berasal dari negeri tirai bambu Cina namun keberadaan caja justru mulai populer berawal di negara Kuba, yaitu saat teknik memanggang daging ala caja diperkenalkan oleh para penduduk Cina yang bermigrasi ke Kuba. Dari Kuba di mana caja pun mulai dikenal pula oleh penduduk Amerika dengan kegemarannya memakan daging panggang saat banyak warga keturunan Cina yang berdomisili di Kuba memutuskan migrasi ke Amerika ketika berlangsungnya revolusi Kuba, olehkarenanya selain penamaan komersial caja yaitu China Roasting Box, di beberapa negara juga ada penamaan lokal untuk kotak daging panggang caja, termasuk di Kuba sendiri di mana kotak panggang caja memiliki nama Caja Asadora dan Asador Cubano.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar