Senin, 21 Januari 2013

Marinasi Daging Ala Daun Teh



Herbal teh adalah Kita kenal selama ini sebagai minuman yang menyehatkan, tidak hanya sekedar pelepas dahaga, teh sebagai minuman favorit dunia dari ragam hasil penelitian telah banyak dinyatakan manfaat minum teh untuk kesehatan manusia. Mulai dari manfaat minum teh untuk menjaga daya tahan tubuh atau stamina dengan adanya kandungan senyawa catechins di dalamnya, herbal teh yang dapat membantu mengurangi resiko serangan jantung, antioksidan teh yang dapat mencegah penyakit kanker dan masih banyak manfaat lainnya daripada herbal teh bagi kesehatan manusia. Menjadikan teh sebagai bagian bumbu masak pada resep daging domba?

Bersumber daripada website foodandwine.com, Lamb Marinated in Jasmine Tea, bagaimana teh Jasmine pada resep masak tersebut dijadikan sebagai bumbu marinasi daging domba. Caranya adalah dengan menggunakan sebuah mangkuk kecil, 1/2 cangkir teh Jasmine diseduh dengan air panas dan didiamkan selama 5 menit dalam keadaan tertutup hingga teh menyerap dengan air.



Langkah berikutnya adalah di mana teh disebarkan pada lapisan kain katun dan air seduhan teh dimanfaatkan untuk membasahi kain katun dimaksud, kain katun inilah yang selanjutnya digunakan untuk membungkus daging domba sebagai metode marinasi yang dijelaskan pada resep masak tersebut, biarkan daging domba untuk terbungkus kain katun selama 2 hingga 4 jam, daging domba akan terasa lebih gurih dengan metode marinasi ala daun teh ini.   

Tidak hanya berlaku untuk daging domba, memanfaatkan daun teh sebagai bumbu marinasi adalah juga bisa diterapkan pada jenis daging lainnya seperti daging kambing, daging ayam dan juga daging sapi. Sebuah informasi menarik lainnya yang didapat daripada situs okefood.com, resep masakan tradisional Cina yang memanfaatkan daun teh dan bumbu rempah lainnya pada olahan masakan yang dinamakan ayam kukus, caranya adalah dengan menggosokkan daun teh pada daging ayam sebelum dilakukan pengukusan. Selain menjadikan warna daging ayam menjadi kekuningan di mana daun teh menjadikan olahan masakan ayam kukus tersebut lebih beraroma. Selamat mencoba!       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar