Jumat, 21 Desember 2012

Resep Masak Daging dan Bumbu Pala


Mengamati aneka resep masakan berbahan baku daging sapi, daging kambing dan maupun juga daging domba, selalu ada penggunaan bumbu pala halus di dalamnya. Pala halus, jenis bumbu dapur yang berasal dari biji buah pala yang sudah dalam bentuk bubuk. Penggunaan pala halus sebagai bumbu masakan pada aneka resep olahan daging ataupun masakan yang bersantan adalah akan menjadikan aroma masakan lebih harum dan lezat. Buah pala sendiri memang merupakan buah yang memiliki aroma harum dan termasuk jenis rempah primer. Buah pala juga bernilai ekonomis tinggi sehingga bisa dijadikan sebagai bahan pembuatan sirup ataupun manisan pala.

Pengalaman berharga manakala berkunjung ke kebun durian yang dimiliki oleh ayah mertua berlokasi di kabupaten Kuningan provinsi Jawa Barat saat dapat memotret kegiatan penjemuran biji buah pala. Buah Pala, bersumber dari Wikipedia, buah yang bernama latin  Myristica fragrans ini merupakan tumbuhan berupa pohon yang awalnya berasal dari kepulauan Banda di Maluku. Kemudian dikarenakan nilai ekonominya yang tinggi sebagai rempah-rempah, buah dan biji pala menjadi komoditi perdagangan dunia yang penting sejak jaman Romawi.  



Sebelum buah pala dipasarkan, biji buah pala dijemur hingga kering setelah dipisah dari fulinya. Pengeringan ini memakan waktu enam sampai delapan minggu. Bagian dalam biji pala akan menyusut dalam proses ini dan akan terdengar bila biji pala digoyangkan. Cangkang biji pala akan pecah dan bagian dalam biji dijual sebagai pala. Biji pala mengandung minyak atsiri 7 hingga 14% adapun bubuk pala dipakai sebagai penyedap pada masakan, roti ataupun kue, puding, saus, sayuran, dan minuman penyegar. Minyak pala juga dapat dipakai sebagai campuran parfum atau sabun. Manfaat sehat dari buah pala untuk tubuh manusia?

Bersumber daripada situs fitday.com, berikut adalah beberapa manfaat buah pala untuk kesehatan manusia yang telah dikenal sebagai bagian ilmu pengobatan tradisional terhadap berbagai macam penyakit, buah pala sejak zaman Romawi kuno bermanfaat untuk pengobatan bagi penderita depresi dan kelalahan. Kemudian penggunaan buah pala sebagai bahan obat penenang dalam ilmu pengobatan Cina kuno, buah pala juga bermanfaat untuk meredakan rasa sakit pada otot dan persendian dengan mengoleskan minyak pala pada bagian yang terasa sakit.

Bagi pembaca yang bermasalah dengan gangguan pencernaan seperti diare, sembelit, perut kembung, dan sebagainya, pala secara efektif dapat dijadikan sebagai bahan pengobatan, begitu pula manakala Kita bermasalah dengan gangguan bau mulut, dikarenakan sifat antibakteri yang dimiliki oleh pala maka buah pala dapat mengobati bau halitosis atau buruk akibat penumpukan bakteri pada mulut. Tidak jauh berbeda dengan vanilla bean, pala pun dapat juga dapat digunakan untuk mengobati masalah pada gusi dan sakit gigi. Bersama susu kambing di mana minyak buah pala pun banyak digunakan sebagai bahan pembuatan sabun natural. Tidak lain ini dikarenakan manfaat buah pala yang juga untuk kecantikan kulit wanita. Sebuah resep sederhana yaitu campuran bubuk pala dan juga madu untuk menghaluskan kulit wajah bekas jerawat. Semoga bermanfaat.   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar