Selasa, 27 November 2012

Gurihnya Masakan dengan Kecap Air Kelapa


Tidak hanya sekedar bermanfaat untuk membuat empuk daging kambing domba, manfaat air kelapa lainnya sebagai bahan pembuatan kecap, kecap air kelapa. Berbeda dengan jenis kecap lainnya yang menggunakan kedelai sebagai bahan utama, penggunaan kedelai pada kecap air kelapa adalah hanya sebatas tambahan saja dengan bahan utama tentunya air kelapa.

Dari hasil penelusuran, keunggulan kecap air kelapa sebagai penyedap masakan konon akan menjadikan rasa masakan semakin lebih gurih dengan aroma yang lebih wangi. Cukup masuk akal, mengingat pemanfaatan air kelapa yang selain bisa membuat daging kambing domba semakin lebih empuk, pada beberapa resep yang mana air kelapa pada takaran tertentu dari sejak lama sudah digunakan sebagai bahan resep masakan.  

Contoh misalnya pada resep masakan daging goreng bumbu serai yang resepnya bisa Kita lihat pada web tabloidnova.com, sebanyak 500 ml air kelapa direbus bersama 500 gram daging has dalam dan bumbu dapur lainnya hingga setengah matang sebagai bagian dari proses pembuatan hidangan daging goreng.

Atau misalnya pada resep daging masak bumbu pindang yang resepnya ada pada web sajiansedap.com, 750 ml air kelapa direbus bersama bumbu bakar, daun salam, serai, asam kandis, garam, kecap manis, cabai rawit, gula dan belimbing wuluh sebagai bagian proses pembuatan hidangan daging pindang. Ini artinya pemanfaatan air kelapa sebagai penyedap masakan bukan merupakan sesuatu yang baru, terlebih dengan air kelapa yang ternyata bisa juga dibuat kecap, akan lebih mudah dan praktis lagi tentunya dalam pemanfaatan air kelapa pada resep masakan Kita.

Lalu seperti apa pembuatan daripada kecap air kelapa ini sebenarnya dan bahan rempah-rempah apa saja yang digunakan pada resep kecap air kelapa? Bersumber daripada web bpplampung.info, bahan rempah yang diperlukan dalam pembuatan kecap air kelapa diantaranya adalah sereh, pekak, kluah, kemiri, bawang putih, lengkuas dan gula, melihat rempah-rempah yang digunakan maka wajar saja bila penggunaan kecap air kelapa pada resep akan menjadikan masakan yang Kita buat semakin lebih gurih dan  mengeluarkan aroma wangi tentunya.

Pembuatan kecap air kelapa itu sendiri terbagi ke dalam beberapa tahapan, dimulai dengan proses penjernihan daripada air kelapa, berlanjut dengan persiapan bumbu rempah sebagai bahan pembuatan kecap air kelapa, kemudian proses pemanasan bumbu rempah dan air kelapa, penyaringan daripada hasil pemanasan bumbu rempah dan air kelapa dengan proses terakhir yaitu pembotolan dan pengepakan kecap air kelapa. Kira-kira berapa banyak butir kelapa yang dibutuhkan untuk membuat satu botol kecap air kelapa? Hasil penelitian, setiap satu butir kelapa adalah mengandung lebih kurang 400 hingga 500 cc air kelapa, dan tiap 10 liter air kelapa dapat dihasilkan hingga 6.5 liter kecap air kelapa.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar