Rabu, 31 Oktober 2012

Cerita Daging Domba Hokkaido


Berbicara peternakan di Jepang, barangkali yang mungkin akan gampang Kita ingat adalah tentang kelezatan dan keempukan Daging Wagyu yang memang pada awalnya berasal dari negeri Sakura tersebut, daging yang dihasilkan dari peternakan sapi yang ada di Jepang dengan pemberian pakan dan perlakuan khusus dalam cara pemeliharaannya. 

Beberapa merek dagang/ brand terkenal Daging Wagyu yang ada di Jepang bersumber daripada web JNTO atau Japan National Tourism Organization diantaranya adalah, Matsusaka Ushi yang berada di wilayah Matsusaka prefektur Mie, Kobe Beef di wilayah Kobe prefektur Hygo dan Ohmi Beef yang berada di wilayah prefektur Shiga. KLIK Informasi tentang Daging Wagyu pada Link, 

CeritaTentang Daging Wagyu 

Namun bukan resep kuliner berbahan baku Daging Wagyu yang menjadi ketertarikan penulis sekarang ini, didorong rasa penasaran bilamana di Jepang ada peternakan sapi maka barangkali saja di Jepang terdapat peternakan domba yang siapa tahu juga kualitas dagingnya bisa seempuk dan selezat daging Wagyu yang dari sejarahnya ternyata tercipta secara tidak sengaja.

Wagyu mengandung pengertian Sapi Jepang, kualitas daging wagyu yang dikenal sebagai daging super empuk memang dari sejarahnya adalah tercipta secara tidak sengaja, wilayah Jepang yang tidak terlampau luas menjadikan sapi ditempatkan pada ukuran kandang yang tidak terlampau besar, kemudian dikarenakan kondisi wilayah Jepang pada setiap  musim dingin yang harus menjadikan adanya perlakuan dan pemberian pakan khusus pada ternak sapi seperti teknik pemijatan dan pemberian shake. Teknik inilah yang pada akhirnya diadopsi oleh banyak negara produsen peternakan di dunia hingga sekarang dikarenakan dapat menghasilkan kualitas daging sapi super empuk sebagaimana kualitas Daging Wagyu yang ada di Jepang. 

Cerita Daging Domba Hokkaido, dari hasil penelusuran di mana ternyata masyarakat Jepang adalah lebih menyukai daging sapi/beef dan juga daging ikan laut/seafood dibandingkan daging domba/lamb ataupun daging kambing/mutton, namun bukan berarti daging domba/ lamb tidak laku di Jepang, informasi yang didapat bersumber daripada web Meat Livestock Australia, walaupun tingkat konsumsi daging domba di Jepang terbilang rendah akan tetapi Jepang merupakan salah satu tujuan pasar ekspor daging domba yang dimiliki oleh Australia untuk kawasan Asia, selain Australia, negara Selandia Baru juga menjadi pemasok daging domba ke Jepang. 

Terdapat resep kuliner berbahan baku daging domba yang sangat disukai oleh masyarakat Jepang khususnya di wilayah Hokkaido yang dikenal dengan nama Genghis Khan Cuisine/ Jingisukan atau biasa disebut juga Mongolian Barbecue, dari hasil penelusuran, sajian kuliner Mongolian Barbecue atau Barbekyu Daging Domba ala Hokkaido ini biasa dinikmati dengan bir special produksi salah satu pabrik bir yang ada di Hokkaido, Pabrik Bir Sapporo. 

Menu khas daging domba ala Hokkaido lainnya ialah Shabu-Shabu Daging Domba yang dikenal dengan nama Ramushabu. Masih berbicara Hokkaido, di mana wilayah ini juga dikenal sebagai pusat peternakan domba yang ada di negeri Matahari Terbit Jepang. Bersumber dari web Hokkaido Official Tourism Website, berkunjung ke Hokkaido itu berarti bersiap Wisata Ternak Domba dan Wisata Kuliner Daging Domba dengan mencicipi kelezatan Genghis Khan Cuisine sebagai menu masakan utama. Let’s Eat Genghis Khan in Hokkaido! Semoga menjadi informasi bermanfaat.    

Relevant Link,
Hokkaido Official Tourism Website

Tidak ada komentar:

Posting Komentar