Minggu, 24 Februari 2013

Seputar Karkas Dan Daging Domba

Apa yang dimaksud dengan karkas domba dan bagaimana metode perkiraan berat kilogram karkas yang sederhana? Pengertian karkas adalah bagian tubuh hewan yang telah disembelih, utuh atau dibelah sepanjang tulang belakang, kemudian hanya kepala, kulit, ekor dan organ dalam yang dipisahkan. Perkiraan perhitungan berat karkas yang sederhana adalah berat kilogram hidup ternak domba dikali 50% kemudian dikurangi 3 kilogram sebagai perkiraan berat kepala, kulit, ekor dan organ dalam.  

Terdiri dari apa sajakah yang dinamakan dengan karkas utuh domba kemudian apa yang dimaksud daging domba itu sendiri? Karkas domba utuh adalah terdiri dari bagian bahu, bagian punggung, bagian dada dan perut, bagian paha belakang kemudian bagian betis. Adapun pengertian daging domba adalah urat daging (otot) yang melekat pada rangka, kecuali otot bibir, hidung, telinga yang berasal dari ternak domba sehat sesudah dilakukan pemotongan (Muchtadi, 1992). 


Apa betul dengan mitos daging domba yang jangan banyak dikonsumsi dikarenakan biang kolestrol dan penyakit darah tinggi? Pendapat ini tidaklah 100% benar, pengecualian untuk daging domba yang didapat dari ternak domba berusia muda atau antara 5 hingga 7 bulanan. Daging domba muda justru sangat rendah lemak dan kaya akan kandungan vitamin, omega3 serta mineral untuk kesehatan manusia, bahkan di luar negeri, daging domba muda direkomendasikan sebagai bahan makanan untuk kecerdasan balita. Termasuk ibu-ibu yang sedang menjalani kehamilan adalah dianjurkan makan daging domba, Daging Domba Bahan Makanan Sehat Bagi Ibu Hamil.    

Benarkah daging domba bermanfaat untuk mencegah penyakit kanker? Bersumber dari situs NTPtalk, daging domba muda berasal dari ternak domba yang hanya diberikan pakan rumput adalah kaya akan kandungan CLA yang 500% lebih banyak, Conjugated Linoeic Acid atau lemak baik yang berfungsi mengurangi lemak jahat pada tubuh sekaligus meningkatkan massa otot. Manfaat CLA yang juga bertindak sebagai anti katabolik, anti oksidan, peningkatan daya tahan tubuh dan keunggulan sebagai anti kanker! 

Apakah benar ada kaitan antara daging domba dengan kesuburan seorang pria? Kesuburan reproduksi pria ataupun wanita pada dasarnya dipengaruhi beragam faktor, diantaranya adalah asupan nutrisi melalui makanan yang dikonsumsi, daging domba yang kaya akan kandungan vitamin khususnya B12, Amino Acid, Mineral Zat Besi dan Selenium menurut penelitian yang dipublikasikan oleh American Lamb Council ialah memang bermanfaat salah satunya untuk meningkatkan kesuburan pria. Posting blog terdahulu, Nyata, Sate Domba Tingkatkan Kesuburan Pria!     

Mengapa daging domba muda adalah yang direkomendasikan sebagai salah satu bahan masakan pada program diet sehat khususnya penderita diabetes? Adalah jeroan domba yaitu hati dan ginjal domba yang direkomendasikan sebagai bahan masakan penderita diabetes. Jeroan domba ini memiliki kandungan vitamin C yang empat kali lebih banyak dibandingkan buah, vitamin C dalam darah akan menurunkan jumlah kadar gula berbahaya pada penderita diabetes. Arsip blog lalu, Makanan Sehat Penderita Diabetes Berbahan Daging Domba.    

Karkas  daging domba adalah bagian tubuh hewan domba yang telah disembelih, utuh atau dibelah sepanjang tulang belakang, kemudian hanya kepala, kulit, ekor dan organ dalam yang dipisahkan. Galeri Pisau Daging. Mencari menu hidangan favorit berkaitan dengan karkas daging domba? Posting blog terdahulu tentang Kambing Guling Muda sebagai Hidangan Favorit Dunia! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar