Minggu, 27 Januari 2013

Benarkah Minum Susu Kambing Mencegah Kanker?

Kanker, jenis penyakit yang dikenal paling menakutkan di dunia, banyak penderita kanker yang umumnya terlambat menyadari adanya keberadaan virus kanker yang sudah menyebar pada tubuhnya. Data yang bersumber dari organisasi kesehatan dunia atau WHO (World Health Organization) dan didapat dari situs health.detik.com, diperkirakan pada tahun 2030, kasus kematian akibat kanker di dunia diprediksi akan meningkat menjadi sebesar 17 juta jiwa di mana 75 juta penduduk di dunia akan hidup dengan menderita penyakit kanker.

Informasi lainnya yang bersumber daripada situs Yayasan Kanker Indonesia, kondisi di Indonesia pada tiap tahunnya adalah terdapat 100 orang penderita kanker baru per 100 ribu penduduk, kondisi ini berarti dari 237 juta jiwa penduduk Indonesia di mana ada sekitar 237 ribu orang penderita kanker baru pada tiap tahunnya di Indonesia! Data empiris juga menunjukkan bahwa kematian akibat kanker dari tahun ke tahun terus meningkat, berdasarkan hasil Riskesdas tahun 2007, sekitar 5,7 % kematian semua umur disebabkan oleh kanker ganas! 

 
Benarkah minum susu kambing mencegah kanker? Sebuah jurnal penelitian yang semoga dapat memberikan manfaat bersumber daripada situs Medical News Today, penelitian yang dilakukan oleh tim dari universitas Lund, Swedia dan diterbitkan pada the official journal of the American Dairy Science Association, protein yang terkandung pada susu secara signifikan dapat mengurangi penyebaran sel kanker usus besar atau yang dikenal dengan istilah Colon Cancer. Data yang bersumber dari badan kesehatan Amerika Serikat, lebih dari satu juta orang di seluruh dunia terkena kanker usus besar atau colon cancer setiap tahunnya! Sejak 2008, kanker usus besar adalah kanker paling umum kedua pada wanita dewasa dan ketiga yang paling umum pada laki-laki
Kandungan nutrisi pada susu kambing sehingga bisa mencegah kanker? Sebagaimana informasi lainnya yang bersumber daripada Journal of Medicine, USA, adalah susu kambing sebagai minuman sehat yang sarat akan nutrisi mulai dari vitamin, mineral, enzim, protein dan asam lemak yang mudah dicerna oleh tubuh manusia dibandingkan jenis minuman lainnya. Hanya dibutuhkan waktu selama 20 menit bagi tubuh manusia untuk mencerna nutrisi yang terkandung pada susu kambing, tidak lain ini dikarenakan ukuran molekul lemak susu kambing yang hanya seperlima daripada molekuk lemak susu sapi sebagai pembanding.

Masih bersumber dari situs yang sama, susu kambing pun memiliki kemampuan pemisahan krim yang cukup baik dikarenakan ukuran molekul lemak yang lebih kecil, pemisahan krim ini antara lain juga berisi prekursor alami vitamin A dalam lemak susu yang memungkinkan menjadi tersedia untuk digunakan oleh tubuh Tidak kalah penting ialah kandungan zat atau senyawa beta karoten dalam susu kambing yang merupakan pro vitamin A dimaksud di mana cukup tinggi sebagai pencegah kanker. Bilamana pada makanan di mana zat beta karoten ini dapat ditemukan diantaranya pada ubi jalar, wortel, bayam, labu kuning dan brokoli. Semoga dapat menjadi pengetahuan bermanfaat. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar