Selasa, 15 Januari 2013

Wisata Medis Lulur Susu Domba

Berencana pergi berlibur ke negeri gajah putih Thailand? Selain wajib mencoba kopi gajah Thailand yang konon harganya lebih mahal dari kopi luwak Indonesia, tidak ada salahnya coba merasakan nikmatnya pijatan dari lulur susu domba Thailand yang mendunia!

Timbul suatu pertanyaan, mengapa lulur susu domba Thailand bisa mendunia? Padahal susu kambing di Indonesia tidak kalah khasiatnya untuk kecantikan wanita, posting blog terdahulu, Terapi Es Krim Susu Kambing. 

Hasil penelurusan, penyebab mengapa lulur susu domba Thailand bisa mendunia tidak lain dikarenakan gencarnya Thailand dalam mempromosikan produk lulur susu domba sebagai bagian promosi wisata medis ke seluruh penjuru dunia! Wisata medis? Pernahkah pembaca mendengarnya? Pengetahuan baru yang menarik bagi Kita semua tentunya.

Pandangan kebanyakan orang tentang wisata medis selama ini sebatas membawa seseorang pergi berobat ke suatu negara dengan harapan lebih mendapatkan penanganan dokter dan fasilitas ataupun teknologi rumah sakit yang lebih baik, padahal lebih dari itu, sebagaimana informasi yang bersumber daripada situs medicaltourism.com, wisata medis atau yang dikenal dengan medical tourism adalah bagian potensi wisata suatu negara yang di dalamnya  termasuk kekayaan rempah dan herbal yang dimiliki negara tersebut, perawatan kecantikan, pengobatan tradisional hingga pemandangan alam yang memberikan manfaat kesehatan bagi manusia sehingga layak dijadikan sebagai objek kunjungan wisata. 

  

Manfaat lulur susu domba untuk perawatan kecantikan? Lulur susu domba sebagai exfoliat atau pengelupasan sel kulit mati. Pengelupasan bermanfaat bagi pertumbuhan kulit yang lebih muda menjadi tidak terhalang, sehingga lulur susu domba membuat kulit lebih awet muda!

Lulur susu domba bekerja menghancurkan zat semen yang berperan menjaga kesatuan kulit mati, sehingga membantu pengelupasan kulit keras bagian atas yang sudah mati, menembus lapisan yang lebih dalam untuk memberi tambahan nutrisi bagi keremajaan dan kelembaban kulit. 

Selain itu manfaat lain dari susu domba adalah menyembuhkan tumit yang pecah-pecah, menghilangkan sisik di kulit, menghilangkan bau badan tak sedap, mengharumkan kulit, dan menghilangkan rasa letih dan pegal pada tubuh, informasi lebih jelasnya adalah dapat menelusur pada link galeri kecantikan susu domba.     

Selain Thailand yang dikenal sebagai salah satu negara tujuan wisata medis pada situs terkait, beberapa negara lainnya di kawasan Asia Tenggara yang direkomendasikan sebagai negara tujuan medical tourism diantaranya, Malaysia, Singapore, Vietnam dan Philipina yang sayangnya belum ada nama Indonesia di dalamnya. 

Kemudian sebagaimana umumnya paket wisata yang ditawarkan oleh banyak agen maupun biro perjalanan travel dunia, paket wisata medis atau medical tourism ini termasuk pelayanan bagi para turis dan wisatawan agar memperoleh kenyamanan selama dalam berwisata, tiket pesawat terbang, akomodasi hotel selama berwisata dan pemandu wisata, maskapai penerbangan AirAsia diantaranya adalah yang gencar mendukung program wisata medis ini dengan negeri Gajah Putih Thailand sebagai destinasi wisata, inilah yang menjadikan salah satu penyebab mengapa lulur susu domba Thailand bisa mendunia, kenapa tidak untuk Indonesia!       

Informasi lainnya berkaitan dengan wisata medis yang bersumber daripada situs news-medical.net, sejarah wisata medis di dunia adalah sudah bermula sejak ribuan tahun lalu, yaitu manakala peziarah Yunani melakukan perjalanan dari Mediterania ke wilayah Teluk Saronic yang dipercayai sebagai tempat dewa Asklepios yang dikenal sebagai dewa penyembuhan berada. Penduduk negeri paman Sam Amerika Serikat adalah pasar utama dunia untuk wisata medis, perusahaan yang bergerak pada bidang wisata medis di Amerika Serikat bahkan akan menyediakan manajer khusus guna mengetahui kebutuhan para wisatawan secara personal dan menentukan tempat wisata medis yang tepat untuk dikunjungi. 


Indonesia sebagai destinasi wisata medis dunia? Faktanya  ragam produk hilir berkaitan kecantikan wanita khususnya yang berhubungan dengan perawatan kulit tubuh dan wajah berbahan susu domba telah banyak beredar di Indonesia, bisa jadi susu domba diimpor untuk bahan produk kosmetika?

Lalu adakah jenis-jenis domba yang bisa menghasilkan susu di Indonesia? Pastinya semua ternak domba adalah menghasilkan susu dalam pemeliharaannya, mulai dari domba Garut, domba Jawa, domba Sumatera dan lainnya, namun jika berbicara susu domba yang memiliki nilai komersial dalam arti produksi susunya bisa dimanfaatkan tidak hanya sekedar menyusui anaknya, sebagaimana kambing di mana dikenal kambing Etawa sebagai kambing penghasil susu, jenis domba yang dalam tujuan pemeliharaannya khusus memproduksi susu diantaranya adalah domba Barbados.Tampak gambar di atas adalah foto induk domba Garut sedang menyusui anaknya. Semoga bermanfaat. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar