Jumat, 23 November 2012

Permadani Afghanistan


Afghanistan, negara yang tengah dilanda peperangan hampir 12 tahun lamanya ini ternyata memiliki permata yang luar biasa. Namun permata yang dimaksud adalah bukan batu permata ataupun kerajinan perhiasan Afghanistan yang sempat dipamerkan pada pameran tentang kekayaan sumber daya Afghanistan di National Gallery of Art, Washington pada tahun 2008 yang lalu. Permata Afghanistan dimaksud adalah keindahan sajadah karpet atau permadani Afghanistan yang terbuat daripada bulu wol domba.        

Mereka bertelekan pada bantal-bantal yang hijau dan permadani-permadani yang indah.” (Al Qur’an Surat Ar-Rahman Ayat ke-76

Teknik tenun yang dimiliki oleh para pengrajin sajadah karpet atau permadani Afghanistan menjadi kunci di mana keindahan sajadah karpet Afghanistan laris manis di pasar karpet dunia, tidak tanggung-tanggung, seperti permintaan daripada negeri paman Sam USA terhadap permadani Afghanistan yang nilainya mencapai hingga 40 juta US Dollar atau lima kali lipat lebih besar daripada kemampuan produksi yang dimiliki oleh para pengrajin permadani Afghanistan saat ini. Tidaklah aneh sebenarnya, ini dikarenakan sejak jaman dahulu pun di mana peradaban barat telah memiliki ketertarikan dan minat yang begitu besar terhadap Permadani sebagai puncak keindahan seni yang bernilai tinggi khususnya di masa kekhalifahan dan Permadani pun disebutkan dalam Al Qur’an.   

Adalah dikenal beberapa teknik tenun yang masih dilakukan dengan cara terbilang sederhana oleh para pengrajin karpet sajadah dan permadani Afghanistan namun berkualitas dunia, pertama adalah teknik tenun Turkoman dan kedua yaitu teknik tenun Beloutch. Afghan Turkmen atau Afghan Turkoman, beberapa keunggulan yang dimiliki baik oleh Karpet Sajadah dan Permadani Afghanistan bersumber daripada web turkmencarpet.com, permadani Afghanistan adalah 100% murni terbuat dari bulu domba dengan teknik pewarnaan mengandalkan tumbuhan dan rempah-rempah, mulai dari akar anggur, kulit delima, bawang dan lain sebagainya yang sudah merupakan metode turun temurun sejak berabad-abad yang lampau. Beberapa negara sebagai tujuan ekspor karpet sajadah dan permadani Afghanistan diantaranya adalah, USA, Jepang, Jerman dan masih banyak negara Eropa lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar