Kamis, 21 Februari 2013

Ke Cirebon? Coba Kue Kamir di Kedai Bagdad!

Info jajanan kue yang jangan sampai terlewat bilamana pembaca tengah berkunjung ataupun berwisata ke kota Cirebon, kelezatan kue kamir dan roti maryam di kedai Bagdad. Sebenarnya sudah cukup lama ingin berkunjung kembali secara langsung ke kedai Bagdad, kedai sederhana berlokasi di jalan Kutagara kota Cirebon yang berjuluk Kota Wali ini dimana tidak jauh dari pintu perlintasan kereta api Kutagara. Kedai yang telah menjadi favorit ayah mertua sejak lama untuk menu berbuka puasa beliau yang menurutnya kurang pas bilamana tidak ada hidangan kue kamir dan roti maryam buatan kedai Bagdad serta segelas susu kambing yang juga tersedia di kedai ini.

 

Kue kamir dan roti maryam yang senantiasa disajikan dalam keadaan hangat di kedai Bagdad serta tersedia pilihan aneka rasa selain kue kamir original yang ada, begitu pula dengan roti maryam yang dibuat di kedai Bagdad dalam toping keju, cokelat ataupun susu. Kedai yang sejak jam 7 pagi sudah memulai aktivitasnya melayani pelanggan namun seringkali sudah habis menjelang sore dikarenakan terbilang banyak pengunjungnya. Belum lagi dengan keramahan pemilik kedai yang senantiasa berkenan berbagi ilmu tentang variasi resep daripada kue kamir dan juga roti maryam termasuk manfaat susu kambing di kedai ini, susu kambing yang sengaja didatangkan dari kota Tegal dikarenakan pemeliharaan kambing perah yang dilakukan dengan baik di sana.   

http://tokoone.com/roti-maryam/?affid=4508     

Sejarah kue kamir di kota Cirebon memang tidak dapat terlepas dari banyaknya warga keturunan Arab di Kota Wali ini. Olahan makanan dan masakan Arab adalah sudah terbiasa bagi hampir seluruh masyarakat Cirebon dikarenakan keberadaan keturunan Arab yang sudah ada di Cirebon sejak ratusan tahun lalu, wajar bila makanan Arab begitu diminati konsumen di kota Cirebon. Lain waktu Kita akan bercerita tentang lezatnya domba bakar zam zam dan resep susu kambing durian yang akan dicoba isteri tercinta sebagai hasil sharing info di kedai Bagdad.

Bagaimana tertarik untuk merasakan kelezatan kue kamir Bagdad dan roti maryam di Kota Wali Cirebon?  Langsung saja meluncur ke kedai Bagdad, jalan Kutagara kota Cirebon yang lokasinya adalah tidak jauh dari pintu perlintasan kereta api Kutagara, kue kamir original hanya dijual seribu perak di kedai ini! Ingin mencoba resep kue kamir buatan sendiri? Ataupun mencari tahu bagaimana membuat roti maryam yang mudah dan enak? 

Bahan resep kue kamir tidak lain adalah tepung terigu, gula, mentega serta telur. Kemudian untuk memperkaya rasa, beberapa resep kue kamir menggunakan tape singkong ataupun pisang ambon. Adapun untuk resep roti maryam di mana bahan yang digunakan tidaklah jauh berbeda dengan kue kamir. Mencari pemasok kue kamir dan roti maryam yang bisa mengirim ke seluruh Indonesia? Hasil penelusuran pada Tamma Food, penyalur roti maryam yang bisa mengirimkan ke seluruh wilayah Indonesia. Posting Blog terdahulu tentang kota Cirebon, Pesona Batik Trusmi dan Kelezatan Empal Gentong kemudian Geliat Pasar Jajanan Kue di Plered.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar