Sabtu, 02 Februari 2013

Cegah Neuropati dengan Makan Daging Domba!



Apabila ada diantara pembaca yang seringkali merasakan kesemutan tanpa sebab, kaku otot ataupun kram dan juga baal, patut diwaspadai kondisi ini merupakan gejala neuropati, lalu apa itu sebenarnya neuropati? Dalam pengertian sederhana di mana neuropati adalah semacam jenis penyakit gangguan syaraf yang umumnya biasa terjadi pada seseorang berusia lebih dari 40 tahun ke atas. Adapun neuropati dapat diartikan sebagai adanya perubahan struktur dan fungsi saraf perifer atau saraf tepi baik itu saraf motorik, sensorik maupun otonom yang menjadikan munculnya gejala neuropati berupa kesemutan diantaranya.

Mengetahui penyebab munculnya gejala neuropati? Penjelasan Dr dr Manfaluthy Hakim, SpS(K) pada situs Fajar Online, fungsi saraf pada tubuh manusia adalah sangat bergantung pada asupan vitamin B yang cukup di mana tubuh manusia sangat rentan terhadap kekurangan vitamin B. Tubuh manusia membutuhkan banyak vitamin neurotropik yang lebih banyak khususnya pada saat seseorang berusia di atas 40 tahun ke atas di mana vitamin neurotropik terdiri dari vitamin B1, B6, dan vitamin B12. Vitamin neurotropik itu sendiri berfungsi menormalkan fungsi saraf dengan memperbaiki gangguan metabolisme sel saraf melalui pemberian asupan yang dibutuhkan sehingga saraf dapat bekerja dengan baik.  

Mengkonsumsi masakan daging domba dapat mencegah neuropati? Sebagaimana Kita ketahui, daging domba muda atau yang disebut dengan lamb adalah jenis daging merah yang kaya akan kandungan vitamin B khususnya B12, informasi yang didapat daripada situs Foot Pain Center Blog, daging domba muda yang rendah lemak, rendah kolestrol dan sarat vitamin B12 adalah salah satu bahan makanan yang direkomendasikan untuk mencegah munculnya gejala neuropati. Olahan masakan resep daging domba dengan bahan utama bagian karkas paha domba muda atau lamb leg dan hati domba muda atau lamb liver adalah yang dianjurkan sebagai menu diet sehat mencegah neuropati, lamb diet for Neuropathy. Semoga menjadi pengetahuan yang bermanfaat.      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar