Senin, 04 Februari 2013

Bayi Sehat, Ibu Hamil Dianjurkan Makan Daging!

Pandangan keliru yang masih ada di masyarakat ketika daging domba adalah pantang untuk diolah sebagai bahan masak dan dijadikan hidangan makanan sehat bagi para ibu hamil, walaupun beberapa ketakutan dan kekhawatiran yang ada cukup beralasan, olahan masakan daging yang disajikan dalam keadaan kurang matang adalah memang berbahaya untuk kesehatan ibu dan juga janin selama masa kehamilan berlangsung.

Sebagaimana penjelasan yang disampaikan oleh dr Mariono Reksoprodjo, SpOG pada situs female.kompas.com, tidak hanya berlaku untuk daging domba akan tetapi juga berlaku untuk jenis daging merah lainnya seperti daging sapi dan juga kambing, pengolahan daging sebagai bahan masak untuk membuat menu hidangan seperti sate, steak dan juga daging burger, bilamana daging merah sebagai bahan masak adalah diolah dan dihidangkan dalam keadaan kurang matang maka akan menjadikan parasit dan mikroorganisme jahat yang terkandung pada daging menjadi tidak mati, termasuk diantaranya parasit toksoplasma yang sangat berbahaya.

Namun bagaimana bila daging domba sebagai bahan masak adalah diolah dengan teknik memasak yang baik dan disajikan dalam keadaan matang untuk ibu hamil? Sebuah informasi menarik yang bersumber dari situs Family Education terkait posting sebuah artikel yang berjudul Pregnancy: What to Eat and What to Avoid, sebagaimana Kita ketahui bilamana daging domba muda atau lamb adalah jenis daging merah yang kaya akan kandungan kalsium dan juga zat besi, salah satu jenis nutrisi penting yang sangat dibutuhkan bagi ibu hamil di mana tidak hanya untuk kesehatan ibu akan tetapi juga perkembangan bayi dalam rahim. Selama daging domba sebagai bahan masak adalah diolah dan dimasak dengan baik hingga dalam keadaan matang, dan terlebih bilamana daging domba sebagai bahan masak yang didapat adalah daging domba muda atau lamb maka tidak alasan untuk takut mengkonsumsi daging domba bagi para ibu hamil.

Bersumber dari Majalah Kesehatan, ibu hamil dan menyusui setidaknya membutuhkan asupan kalsium yang cukup sebanyak 1.200 mg kalsium per hari, di mana 99% asupan kalsium adalah bermanfaat untuk tulang dan juga jaringan gigi. Bilamana kebutuhan asupan kalsium ini tidak bisa terpenuhi, resikonya adalah tubuh akan mengambilnya dari bagian tangan, kaki dan tulang panjang ibu hamil sehingga inilah yang pada akhirnya menyebabkan osteoporois.

Pertumbuhan gigi bayi pun sangat bergantung pada asupan kalsium yang diperoleh si ibu saat masa menyusui. Penderita osteoporis kebanyakan adalah wanita? Bilamana seorang wanita dari umur 20 tahun setiap harinya mengkonsumsi kalsium 400 mg lebih rendah daripada yang dibutuhkan maka kebanyakan kasus yang terjadi adalah pada umur 55 tahun tulangnya berpotensi keropos 1/3 bagiannya.

Daging domba muda atau lamb adalah jenis daging merah yang kaya akan kandungan kalsium dan juga zat besi, salah satu jenis nutrisi penting yang sangat dibutuhkan bagi ibu hamil di mana tidak hanya untuk kesehatan ibu akan tetapi juga perkembangan bayi dalam rahim, posting blog terdahulu tentang kandungan nutrisi daging domba yang kaya omega 3, Omega 3 Pada Daging Domba. 
 
Berencana menghidangkan masakan daging domba untuk keluarga, semoga informasi berikut dapat memberikan manfaat yang dapat dilihat pada Alat Bakaran Sate Fun Health, alat untuk membakar sate terbuat dari tanah liat namun dengan desain yang modern. Mudah dan praktis dipakai , karena tidak perlu menggunakan arang tetapi menggunakan kompor minyak tanah atau kompor gas . Pemanggang tinggal diletakkan diatas kompor tunggu beberapa saat dan pemanggang siap dipakai.Terdapat lubang – lubang api yang didesain sedemikian rupa sehingga api tidak mengenai langsung ke bahan masakan berupa daging sate yang dipanggang, ditambah dengan adanya gunungan yang akan menahan lemak/minyak yang jatuh kedalam kompor sehingga kompor akan tetap bersih.   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar